Sukses

7 Pekerjaan Ini Terancam Punah karena Perkembangan Teknologi

Berikut ini 7 pekerjaan di Indonesia yang diprediksi tak akan memerlukan tenaga manusia lagi di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan zaman, teknologi terus berkembang dan semakin canggih. Tak jarang kita temui teknologi mutakhir yang kian mempermudah kehidupan sehari-hari. Namun, apa kalian pernah berpikir bahwa kecanggihan teknologi saat ini bisa menggeser pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia?

Ya, sayangnya hal ini justru bisa menggeser pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia dan diambil alih oleh kecanggihan teknologi tersebut. Seperti yang sering kita lihat saat ini, ada banyak pekerjaan manusia yang bisa dikerjakan dengan mesin.

Biasanya pekerjaan itu dilakukan oleh mesin dengan pertimbangan lebih praktis dan mengurangi biaya produksi perusahaan. Nyatanya ada beberapa pekerjaan yang sangat memungkinkan untuk digantikan oleh mesin.

Berikut 7 pekerjaan di Indonesia yang diprediksi tak akan memerlukan tenaga manusia lagi di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Operator Telepon

Operator telepon biasanya bertugas menjawab berbagai pertanyaan dan membantu kesulitan konsumen. Namun, belakangan ini banyak pelayan konsumen yang dilakukan melalui media sosial seperti Twitter.

3 dari 8 halaman

2. Pekerja Tekstil

Saat ini telah banyak pabrik tekstil yang mengurangi pegawai dan menggantikannya dengan mesin. Hal ini tentu untuk mengurangi biaya perusahaan dalam membayar upah pekerja mereka. Kecuali pekerja pabrik seperti menjahit yang masih dibutuhkan keahlian manusia untuk mengerjakannya.

4 dari 8 halaman

3. Pengantar Surat

Saat ini tentu kebanyakan dari kalian saling berkirim pesan resmi melalui email bukan? Ya, selain menghemat produksi kertas saling mengirim pesan dengan email juga menghemat waktu. Hal inilah yang menyebabkan bukan hal mustahil jika pekerjaan pengantar surat akan lenyap di masa depan.

5 dari 8 halaman

4. Tukang Servis Jam

Dulu di beberapa daerah tukang servis jam berkumpul di satu tempat, tetapi sekarang sudah jarang ditemui.

6 dari 8 halaman

5. Tukang Parkir

Tukang parkIr dulu tentu sering kalian temui di beberapa gerai toko. Namun, sejak pemerintah memberlakukan parkir gratis, tukang parkir hanya ada di tempat-tempat tertentu. Sementara kini mesin parkir otomatis tersebut sudah kian banyak dipakai di berbagai kota.

7 dari 8 halaman

6. Agen Travel

Untuk kalian yang gemar bepergian tentu kini sering memesan tiket melalui aplikasi pemesana tiket, bukan? Hal ini dianggap lebih praktis dan cepat. Hal tersebut yang membuat banyak agen travel konvensional gulung tikar.

8 dari 8 halaman

7. Teler Bank

Hadirnya mesin ATM memudahkan nasabah suatu bank untuk melakukan transaksi tanpa teller bank. Ya, selain tarik tunai, melalui ATM kalian kini bisa transfer dana, membayar tagihan hingga setor tunai. Tak menutup kemungkinan semakin canggihnya teknologi, pekerjaan teller bank akan punah di masa depan.

Reporter:

Eko Wahyu Putradinata

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.