Sukses

Membangun Usaha lewat Warisan Budaya dan Eksotisme Pulau Lombok

Selain menyimpan wisata bahari yang eksotis, Lombok juga terkenal akan kerajinan tradisional yang indah, Kain Sesek salah satunya. Kain asli dari Lombok ini sudah menjadi kebanggan masyarakat sejak ratusan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Lombok menjadi salah satu destinasi favorit setelah Pulau Dewata, Bali. Pulau yang dikenal masih memiliki alam yang indah ini menjadi daya tarik baik turis lokal maupun mencanegara. Di sana terdapat wisata bahari yang sudah terkenal, sebut saja Gili Trawangan sampai Pantai Senggigi.

Selain menyimpan wisata bahari yang eksotis, Lombok juga terkenal akan kerajinan tradisional yang indah, Kain Sesek salah satunya. Kain asli dari Lombok ini sudah menjadi kebanggan masyarakat sejak ratusan tahun lalu.

Warisan itulah yang sampai saat ini dilestarikan oleh masyarakat. Banyak dari Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Lombok memperkenalkan warisan tersebut.

Salah satu pelaku UMKM itu adalah Sasaku Supermarket Oleh – oleh. Di pusat oleh-oleh khas Lombok itu, mulai dari kerajinan tangan, aksesori, makanan, pakaian sampai kain sesek. Ada ratusan pilihan oleh-oleh yang berjejer di Sasaku Supermarket Oleh – oleh.

Bicara harga, pusat oleh-oleh ini bisa dibilang sangat terjangkau. Wisatawan bisa membeli oleh-oleh dimulai dari harga Rp 20 ribu. Maka dari itu, banyak wisatawan mampir ke toko swalayan tersebut.

Mereka biasanya berburu oleh-oleh yang disediakan di tempat tersebut. Selain banyak menawarkan varian oleh-oleh, pusat perbelanjaan dikenal memiliki gedung yang luas dan tempat istirahat yang nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karya Kreatif Karya Kreatif Indonesia 2021

Sasaku Supermarket Oleh-oleh merupakan salah satu UMKM yang masih bertahan sampai saat ini. Masih banyak UMKM lainnya yang butuh didorong agar bisa bertahan dan berkembang.

Melihat hal itu, Bank Indonesia (BI) menggelar acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 dengan tema "Eksotisme Lombok" yang akan berlangsung pada 3 - 31 Maret 2021.

Agenda utama dalam acara ini adalah showcase produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara ini akan menampilkan produk UMKM unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan seluruh Nusantara.

Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Nasional (GERNAS BBI) kali ini akan mengangkat tema Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang menekankan pada 3 pilar kebijakan yakni Korporatisasi,  Kapasitas dan Pembiayaan. Masyarakat bisa berpartisipasi dengan ikut dalam acara tersebut. Klik www.karyakreatifindonesia.co.id

Selain itu, dengan adanya acara tersebut masyarakat bisa mencintai produk lokal dengan cara membelinya dan melakukan pembayaran dengan QRIS Alhasil, pelaku UMKM bisa berkembang dan produk lokal bisa naik daun.

Peran Bank BCA

Demi mendukung langkah dari acara KKI 2021, Bank BCA sebagai Bank yang memiliki tujuan yang sama mendorong UMKM, memberikan kontribusi nyata agar pelaku UMKM bisa berkembang.

Bank BCA mendukung para pelaku UMKM dengan memberikan wadah promosi. Melalui hal itu, setidaknya bisa mendorong masyarakat agar mencintai produk lokal dan memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM.  

Selain itu, Bank BCA akan memberikan kesempatan kepada 20 UMKM NTB unggulan untuk bergabung dalam program Bangga Lokal. Program tersebut meliputi pelatihan dan pendampingan melalui webinar untuk seluruh UMKM di Lombok.

Dukungan BCA untuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, juga akan terus dilakukan melalui program Bangga Lokal dengan memberikan eksposur pada brand dan produk UMKM yang telah dikurasi dan juga promo menarik di beberapa marketplace Indonesia untuk meningkatkan penjualan produk lokal.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini