Sukses

Ditunjuk Kemensos, BRI Serahkan Bansos ke Lebih dari 500 Ribu Keluarga Penerima Manfaat

Penyaluran bantuan sosial tersebut terbagi atas tiga wilayah penyaluran pada 27-29 April 2020.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menunjuk PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk dan Bank Himbara, untuk menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 528.320 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penerima bantuan adalah mereka yang terdampak secara ekonomi akibat penyebaran pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia.  

Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan BST tahap 1 dengan besaran mencapai Rp316 miliar. Adapun data nama penerima bantuan tersebut sudah ditetapkan oleh Kemensos RI.

"Perseroan telah menyalurkan bantuan dimaksud secara keseluruhan pada 27-29 April 2020 lalu melalui fasilitas Mass Fund Transfer sebesar Rp600 ribu ke masing-masing rekening," tambah Amam. 

Penyaluran bantuan dilaksanakan di setiap wilayah Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI yang terbagi atas tiga wilayah penyaluran yakni Wilayah I mencakup Sumatera dan Jawa Barat, tersalurkan kepada 161.566 KPM senilai Rp96,9 miliar.

Sementara itu, untuk Wilayah II mencakup Banten, Jawa Tengah, DI Yogya, Kalimantan, Bali, NTB dan NTT. BRI menyalurkan kepada 204.118 KPM senilai Rp122,4 miliar. Juga Wilayah III  mencakup Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi, Papua dan Papua Barat, telah disalurkan kepada 162.636 KPM dengan total bantuan senilai Rp97,5 miliar.  

"Program BST merupakan salah satu upaya mempertahankan daya beli masyarakat selama masa pandemic seperti sekarang ini. Kami akan terus mendukung implementasi program-progam pemerintah khususnya yang terkait langsung dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat luas," jelas Amam.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini