Sukses

5 Cara Jitu Mengais Rezeki dengan Menjadi Blogger

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak peluang mendapatkan penghasilan dari booming internet. Menjadi blogger profesional adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan yang tengah hype.

Di era internet ini, manusia tidak bisa lepas dari yang namanya gadget dan internet. Keduanya kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup layaknya pakaian dan makanan. Dengan internet pula, pendiri Amazon, Google, Facebook, Microsoft, telah menjelma menjadi raksasa digital dengan pendapatan puluhan miliar dollar AS per tahun.

Meskipun begitu, masih ada peluang kok buat kita para konsumen untuk mengais rezeki dari internet. Antara lain dengan memiliki blog sendiri yang isinya berupa informasi atau artikel berdasarkan suatu segment tertentu, entah itu hobi, masak-memasak, hingga artikel tips keuangan.

Anda menghasilkan uang dengan cara menjadi blogger alias mengelola blog pribadi. Bagi orang-orang yang hobi menulis dan berbagi informasi kepada banyak orang, tentunya hal ini akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan karena Anda bisa menyalurkan hobi dan mendapat uang sekaligus. Keuntungan menjadi blogger adalah Anda memiliki jam kerja yang bebas karena bisa mengerjakannya kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu kerja.

Perlu Anda ketahui kalau blogger bisa dikatakan sebagai sebuah profesi yang bisa mendatangkan banyak pundi-pundi rupiah. Meski pada masa awal, Anda harus berusaha ekstra untuk membangun blog tersebut, tapi jika blog milikmu sudah terkenal dan dikunjungi banyak orang, uang yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah. Banyak pertanyaan mengenai perihal dari mana asal uang yang didapat dengan menjadi blogger.

Berikut ini sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh para blogger, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

2 dari 4 halaman

1. Iklan

Sumber penghasilan para blogger umumnya adalah berasal dari iklan yang Anda pasang di blog, baik itu dengan cara memasang banner atau memasukkannya ke dalam postingan atau artikel. Pastinya untuk mendapatkan iklan, blog milikmu haruslah memilih traffic pembaca yang tinggi. Tapi jika Anda masih pemula, sebaiknya pasang Google AdSense yang memungkinkan blog dengan skala pengunjung kecil mendapatkan iklan.

Baca juga: Kartu Kredit Tavel untuk Wisata dan Perjalanan Bisnis

2. Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang juga banyak dilakukan. Afiliasi ini berarti Anda membuat tautan link ke sebuah produk yang dijual oleh situs lain dan apabila pembaca blog milikmu mengikuti tautan atau mengklik link tersebut, maka Anda akan memperoleh komisi dari penjualan. Tautan ini bisa disisipkan dalam review postingan. Beberapa perusahaan yang sering mengadakan afiliasi dengan blogger adalah e-commerce seperti Lazada.co.id, Bukalapak.com, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

3. Event

Kalau Anda sudah memiliki banyak pengunjung, Anda bisa mengadakan event untuk mengundang pembaca setiamu. Tak perlu dalam skala besar, Anda bisa mengadakannya dengan jumlah peserta minimal 20 orang lebih. Tetapkan tarif yang sesuai dan cari sponsor event yang ingin bekerja sama denganmu sebagai cara menghasilkan uang dari blog. Biasanya event banyak dilakukan oleh blogger yang memiliki blog tutorial makeup dan kecantikan, fesyen, memasak, DIY (Do It Yourself), serta fotografi.

4. Tawaran jasa atau layanan

Menjadi seorang blogger pastinya akan membuat Anda jadi belajar banyak hal, mulai dari membuat blog, mengoperasionalkan blog, mendesain logo dan baner, hingga belajar SEO (Search Engine Optimization) untuk menaikkan visitor. Dengan berbekal tambahan ilmu ini, Anda bisa membuka atau menawarkan jasa yang bersifat freelance kepada pembaca yang ingin mengikuti jejakmu, mulai dari jasa desain, jasa pelatihan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Siapkan Kartu Kredit Ini untuk Liburan Akhir tahun 2018

4 dari 4 halaman

5. Recurring income

Cara menghasilkan uang dari blog lainnya adalah dengan recurring income. Cara ini adalah membuat membership atau menerapkan keanggotaan premium. Jadi nantinya untuk mendapatkan membership tersebut, mereka harus membayar uang keanggotaan untuk dapat menikmati dan mengakses konten blog yang tidak bisa dinikmati oleh anggota regular dan lain sebagainya.

Pekerjaan bebas seperti menjadi blogger tentu mengasyikkan jika Anda hobi menulis. Anda bisa menjalankan hobi dengan riang, sekaligus bisa menghasilkan uang. Mudah-mudah dengan adanya informasi cara menghasilkan uang dari blog di atas bisa membantu Anda untuk membuat blog dengan konten yang berkualitas. Selamat ngeblog, Moneysavers!

Loading