Sukses

Kisah Sukses Persahabatan 4 Blogger, Motivasinya Bukan untuk Makan Gratis

Liputan6.com, Jakarta Kemarin, Selasa (29/8/2018), beberapa sosok food blogger bertandang ke kantor Liputan6.com. Mereka adalah Citra Tjaja (@citratjaja), Windy Iwandi (@foodirectory), Cindy Lulaby (@cnlulaby), dan Verdi Danutirto (@filipusverdi).

Keempatnya memiliki awal yang berbeda-beda saat memutuskan untuk serius menggeluti bisa blogging. Windy mengaku dirinya telah mulai menjadi seorang blogger saat masih di perguruan tinggi, hingga saat ini.

Sedang Citra dan Cindy memiliki profesi yang sama, yaitu sebagai graphic designer. Citra sampai saat ini masih membantu suaminya yang berprofesi sebagai fotografer, selagi melakukan aktivitasnya sendiri sebagai seorang food blogger.

Demikian juga Cindy yang mengambil jurusan desain grafik, kemudian menemukan kecintaannya pada dunia blogging ketika magang di sebuah agensi. Namun, dirinya tidak lantas benar-benar meninggalkan dunia desain grafik, beberapa kalinya ia juga masih bekerja sebagai freelancer graphic designer.

Berbeda dengan Verdi yang saat ini juga berprofesi sebagai seorang dokter. Verdi yang juga merupakan satu-satunya pria di antara ketiga teman lainnya ini pun mengaku tertarik dengan dunia blogging saat masih di perguruan tinggi dan memutuskan untuk juga menjalani profesi sebagai food blogger.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 3 halaman

Awal mula keempatnya memutuskan menjadi food blogger

Hal yang membuat keempatnya memutuskan untuk menjadi food blogger pun kurang lebih sama, karena mereka menyukai dunia blogging dan ingin menjadi inspirasi bagi orang lain. Ketika ditanya tentang momen apa yang paling berkesan selama menjadi food blogger, keempatnya memiliki kisah yang menarik.

Windy bercerita bahwa dirinya berada di Kepulauan Komodo tepat setelah terjadinya kebakaran di Gili Lawa. Sejak itu, video yang diunggahnya mengenai kondisi Gili Lawa paska kebakaran menjadi viral di media sosial, sampai ada sebuah stasiun televisi nasional yang menayangkan video tersebut, tanpa memberikan akreditasi.

Sedang Citra mengaku dirinya memiliki ciri khas bahwa di setiap fotonya harus ada warna putih. Tadinya Citra mulai rajin mengunggah foto di akun Instagramnya untuk menunjukkan foto koleksi barang-barang pribadinya sendiri.

Berbeda dengan Cindy yang mulai banyak dikenal ketika mengikuti program acara kuliner di salah satu stasiun televisi nasional. Verdi memiliki cerita yang sedikit menarik ketika mengaku ada salah satu video yang dibuatnya tiba-tiba menjadi viral di media sosial, yaitu ketika dirinya membeli cilok di pinggir jalan.

3 dari 3 halaman

Blogging harus dimulai dengan motivasi yang benar

Apapun itu, keempat food blogger ini setuju bahwa untuk memulai dunia blogging harus diawali dengan motivasi yang benar, bukan hanya untuk diundang ke tempat-tempat populer dan makan gratis. Menurut mereka, itu adalah motivasi yang salah.

"Kalo motivasi dari awal saja sudah seperti itu, mending nggak usah mulai sekalian aja, karena salah. Uang itu bonus, yang penting di sini adalah relasi yang bisa didapatkan," ungkap Windy yang kemudian mendapatkan persetujuan dari ketiga rekannya.

"Satu lagi, untuk menjadi food blogger itu ya harus punya blog. Kan namanya blogger, tapi sekarang banyak tuh, yang ngaku-ngaku blogger, tapi ketika ditanya blognya, merek nggak punya. Makin bias sekarang," tambah Verdi di akhir wawancara. Apakah Anda ada keinginan untuk memulai karier sebagai blogger?

Loading
Artikel Selanjutnya
Food Blogger Ini Bagikan Rahasia Makan Banyak Tapi Tetap Ramping
Artikel Selanjutnya
4 Cara agar Blog Anda Bisa Hasilkan Uang