Sukses

Harga iPhone 16 Ultra High End 2024 Bakal Lebih Mahal Ketimbang iPhone 14 Pro

Apple disebut-sebut bakal merilis iPhone 16 Ultra dengan harga di atas kedua model iPhone Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus Apple untuk mengubah nama model "Pro Max" ke "Ultra" tampaknya akan menjadi kenyataan.

Selain lebih mudah diucapkan, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga sudah memakai nama "Ultra" di produk Apple Watch terbarunya.

Adapun strategi perubahan nama ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg lewat laporan Power On.

Mengutip Bloomberg via Gizchina, Senin (6/2/2023), Gurman mengklaim Apple bakal merilis iPhone dengan harga di atas kedua model iPhone Pro.

Bila benar, maka besar kemungkinan perusahaan bakal mengganti nama Pro Max ke iPhone 16 Ultra saat debut pada tahun 2024 mendatang.

Informasi, iPhone 14 Pro saat ini dijual mulai dari harga USD 999 atau sekitar Rp 15 jutaan. Sedangkan untuk iPhone 14 Pro Max dibanderol USD 1099 atau Rp 16,5 jutaan.

Dalam salah satu sesi presentasi, Tim Cook, CEO Apple mengatakan kepada investor bagaimana konsumen rela mengucurkan uang lebih untuk mendapatkan HP iPhone terbaik.

"Saya pikir orang-orang bersedia mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan apa yang terbaik sesuai dengan kemampuan finansial mereka," kata Cook.

Hal ini diucapkan Cook ketika ditanyakan soal apakah ada kemungkinan untuk menaikkan harga iPhone.

Rumor tentang kenaikan harga iPhone model baru memang sudah sejak lama jadi pembicaraan internal di Apple.

Perusahaan pun sudah berkali-kali merilis model Pro di lini iPhone, untuk mendorong pengguna mengeluarkan lebih banyak uang.

Karena dibanderol dengan harga mahal, Apple pun tidak segan-segan menggunakan berbagai material, CPU, dan kamera terbaiknya di iPhone 15 yang akan dirilis tahun ini.

Berdasarkan bocoran yang ada saat ini, Apple akan menambahkan lensa periskop ke varian iPhone 15 Pro Max.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiga iPhone Ini Tak Dapat Update iOS 17, Apa Saja?

Penjualan perdana iPhone 13 di Apple Sanlitun in Beijing, Tiongkok. (Foto: Apple Newsroom)

Apple bakal memperkenalkan update iOS 17 dalam beberapa bulan mendatang. Sejumlah iPhone model lawas pun tak lagi mendapatkan dukungan update iOS terbaru yang menghadirkan sejumlah peningkatan dan fitur baru.

Model iPhone apa saja yang tidak akan mendapatkan update iOS 17? Sebelumnya diketahui bahwa Apple akan merilis versi iOS terbaru pada Juni mendatang, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Perusahaan teknologi asal AS itu akan mendiskusikan tentang keunggulan apa saja yang dihadirkan pada iOS 17 melalui konferensi pengembang Apple World Wide Developers Conference (WWDC).

Perusahaan memperlihatkan fitur-fitur baru di konferensi ini sembari menyediakan versi beta untuk perangkat iPhone yang didukung. Kendati demikian, Apple tidak segera menerbitkan semua fitur baru di update awal.

Peningkatan akan terus dilakukan sepanjang tahun dan diperkenalkan secara progresif kepada pengguna iPhone secara keseluruhan.

Selain itu, mengutip Gizchina, Minggu (5/1/2023), Apple juga akan berhenti memberi dukungan update iOS 17 terhadap beberapa model iPhone lawas. Perusahaan ini memiliki sejarah dalam menawarkan update software yang panjang bagi produknya.

Namun untuk model-model yang lawas atau sudah lama, Apple akan mulai menghentikan update software, pada perangkat yang dilengkapi dengan chipset A11 Bionic. Ada tiga iPhone lawas yang akan setop mendapatkan update iOS 17.

3 dari 4 halaman

3 iPhone dengan Chipset A11 Bionic

Sebuah iPhone X terbaru dipajang di gerai  iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X dijual dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah tergantung kapasitas memori. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

iPhone yang tak dapat iOS 17:

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X

Pakar Apple di Bloomberg, Mark Gurman, menyatakan bahwa tidak benar untuk mengantisipasi perubahan signifikan apa pun dengan peningkatan iOS 17. Sebab, menurut Gurman, raksasa teknologi tersebut telah bekerja keras dan banyak berkonsentrasi pada virtual reality tahun ini.

Selain fokus pada virtual reality, fitur Apple Pay Later juga sangat dinantikan kehadirannya bersama dengan update iOS 17. Setiap pembelian yang dilakukan dengan Apple Pay Later akan dibagikan selama enam minggu tanpa biaya bunga.

Oleh karenanya, pengguna iPhone akan mengembangkan mekanisme pembayaran yang aman. Ada juga fitur enkripsi end-to-end untuk iMessage yang diperkirakan rilis bersama iOS 17.

4 dari 4 halaman

Tak Rilis iPad Baru Tahun Ini

<p>Apple meluncurkan iPad 10th Gen. (Doc: Apple)</p>

Terlepas dari update iOS 17, Apple dikabarkan tidak akan meluncurkan seri iPad baru di 2023 ini, dan lebih fokus peluncuran tahun depan.

Informasi ini diungkap oleh leaker kenamaan Apple, yaitu Ming-Chi Kuo. Dia menyebutkan, Apple tidak akan merilis model iPad baru 9 hingga 12 bulan mendatang.

Mengutip GSM Arena, Rabu (1/2/2023), Apple akan mengumumkan iPad mini sebagai lini tablet teranyar mereka tahun depan dengan proses produksi di Q1 2024.

Tak hanya itu, Kuo juga menyebutkan iPad layar lipat bakal diumumkan pada 2024. Diyakini, Apple akan menghadapi tahun terberat mereka pada 2023 terkait penjualan tablet.

Berdasarkan prediksi, angka penjualan tablet akan mengalami penurunan mulai dari 10 hingga 15 persen setiap tahunnya karena dianggap tidak ada inovasi dari generasi sebelumnya.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini