Sukses

Belift Lab Laporkan Min Hee Jin atas Fitnah, Tegaskan ILLIT Bukan Hasil Jiplakan

Tuduhan konsep debut ILLIT menjiplak NewJeans, disampaikan Min Hee Jin sang CEO ADOR, tepat sebulan lalu.

Liputan6.com, Seoul - Perseteruan Min Hee Jin dengab HYBE kian hari kian runcing, termasuk mengenai tudingan bahwa debut ILLIT adalah hasil jiplakan dari konsep NewJeans. Perkembangan terkini, Belift Lab sebagai salah satu label di bawah HYBE yang menaungi Wonhee dkk, secara resmi melaporkan Min Hee Jin kepada pihak berwenang. 

Diwartakan Soompi, Rabu (22/5/2024), salah satu poin dalam laporan Belift Lab ini adalah soal fitnah. 

"Hari ini, kami memasukkan komplain terhadap CEO Min Hee Jin atas dakwaan mengganggu usaha dan fitnah, menyebabkan kerugian pada perusahaan kami dan juga artis terkait, terkait klaim palsu yang ia sampaikan," kata perwakilan Belift Lab dalam pernyataannya. 

Pihak Belift Lab menekankan, bahwa klaim Min Hee Jin bahwa konsep debut ILLIT merupakan tiruan NewJeans, salah besar. 

"Kami dengan tegas menyatakan bahwa tuduhan plagiarisme yang disampaikan Min Hee Jin sama sekali tidak benar. Kami telah mengajukan buktinya kepada pihak yudisial yang berwenang, yang bisa membuktikan bahwa tuduhan ini tak benar," kata pihak Belift Lab

Agensi yang juga menaungi Enhypen ini menegaskan bahwa mereka akan menempuh proses pembuktian sesuai hukum yang berlaku, meski prosesnya bakal memakan waktu panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sayangkan Tudingan Min Hee Jin

Pihak Belift Lab menyayangkan tudingan yang disampaikan Min Hee Jin. Pasalnya, plagiarisme bukan tuduhan yang bisa dilancarkan dengan sembrono.

"Penentuan apakah sebuah kekayaan intelektual telah diplagiat seharusnya dilakukan berdasarkan standar dan prosedur yang masuk akal, bukan berdasarkan penafsiran sepihak dan menyimpang," kata pihak Bellift Lab. 

Ditambahkan, "Kami menyesalkan segala kerja keras dan pencapaian artis dan anggota kami dirusak oleh spekulasi sembarangan dan informasi palsu."

3 dari 4 halaman

Berawal dari HYBE vs Min Hee Jin

Tuduhan konsep debut ILLIT menjiplak NewJeans, disampaikan Min Hee Jin CEO ADOR, tepat sebulan lalu. Tudingan ini muncul saat awal perseteruannya dengan HYBE memanas.

Pihak HYBE menuding sengketa berawal dari upaya Min Hee Jin yang ingin melakukan pemberontakan dan mengambil alih ADOR. Agensi NewJeans ini mayoritas sahamnya dipegang oleh HYBE.

Min Hee Jin membalas, bahwa awal mula masalah ini adalah pihaknya yang tak terima konsep debut ILLIT sangat mirip dengan NewJeans.

4 dari 4 halaman

Ikut Tuding Bang Si Hyuk

“ILLIT meniru NewJeans di semua area dalam aktivitas mereka termasuk rambut, makeup, kostum, koreografi, foto, video, dan penampilan dalam event” kata Min Hee Jin dalam pernyataannya.

Tak ada takut-takutnya, Min Hee Jin bahkan menuding Bang Si Hyuk—bos HYBE—ikut terlibat dalam penjiplakan ini.

“Pimpinan HYBE Bang Si Hyuk memproduseri album debut ILLIT. Peniruan NewJeans oleh ILLIT tidak dilakukan secara mandiri oleh Belift Lab, tetapi juga melibatkan HYBE,” kata dia, diwartakan Soompi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini