Sukses

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Jadi Sasaran Hoaks, Simak Ragam Faktanya

Agar tak tergocek hoaks terkait Zelenskyy, Simak Ragamnya dalam artikel berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjadi sasaran hoaks, beragam isu pun dikaitkan dengan sosok tersebut. Keberadaan informasi palsu tersebut tentu dapat mempengaruhi reputasi.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks terkait Zelenskyy, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang viral di media sosial.

Agar tak tergocek hoaks terkait Zelenskyy, simak daftar berikut ini.

Foto Presiden Ukraina Zelenskyy dan Istri Berpose di Depan Tumpukan Uang

 

<p>Gambar tangkapan layar foto yang diklaim Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan istrinya Olena Zelenska berpose di depan tumpukan uang. (Sumber: X.com)</p>

Sebuah foto yang diklaim Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan istrinya Olena Zelenska berpose di depan tumpukan uang beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun X pada 8 Juni 2024.

Dalam foto tersebut terlihat Zelenskyy dan istri berpose di depan meja berisi tumpukan uang dollar Amerika Serikat.

"Can you think of any country that is more corrupt than Ukraine?" tulis salah satu akun X pada 8 Juni 2024.

Konten yang disebarkan akun Twitter tersebut telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Olena Zelenska berpose di depan tumpukan uang? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tulisan CNN Indonesia Sebut Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina Marah sudah Difitnah dan Direndahkan Jokowi

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Juli 2022.

Unggahan klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi menampilkan sebuah tangkapan layar yang terdapat logo CNNIndonesia dan tulisan sebagai berikut.

"PRESIDEN ZELENSKY DAN RAKYAT UKRAINA BANTAH DAN MARAH SUDAH DIFITNAH DAN DIRENDAHKAN JOKOWI

Hasil dari kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia untuk misi perdamaian akhirnya berbuntut kecaman dari rakyat Ukraina dan Presiden Zelensky. Pasalnya mereka tidak menitip pesan untuk damai ke Presiden Rusia Vladimir Putin. Karena itu adalah merendahkan diri Bangsa Ukraina. Zelensky katakan: “itu adalah kebohongan besar Jokowi.","

Benarkah klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi? Simak Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video Ada Kokain di Meja Kerja Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Sebuah video yang diklaim terdapat narkoba jenis kokain di meja kerja Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 April 2022.

Video berdurasi 12 detik itu memperlihatkan Zelensky tengah berada di suatu ruangan. Ia duduk di meja kerja sambil melakukan panggilan video lewat laptopnya.

Namun, ada serbuk dan kartu ATM di meja yang dipakai Zelensky. Video itu kemudian dikaitkan bahwa Zelensky kecanduan kokain.

"Tahukah Anda bahwa Zelensky kecanduan kokain?" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 637 kali ditonton dan mendapat beberapa kali respons warganet.

Benarkah dalam video itu terdapat narkoba jenis kokain di meja kerja Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini