Sukses

Babak Baru Tuduhan ILLIT Plagiat NewJeans, Belift Lab Gugat CEO ADOR Min Hee Jin

Belift Lab mengatakan telah menyerahkan semua bukti kepada pihak berwajib. Pihaknya juga menegaskan bahwa ILLIT tidak pernah menjiplak NewJeans.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah banyaknya tuduhan plagiasi yang diarahkan ke grupnya yang baru debut, ILLIT, agensi Belift Lab akhirnya mengambil tindakan hukum. Belift Lab secara resmi melaporkan CEO ADOR Min Hee Jin atas tuduhan yang menyebut ILLIT sengaja meniru NewJeans.

Tuntutan hukum Belift Lab dilayangkan pada Rabu (22/5/2024) waktu setempat. Menurut mereka, semua tuduhan yang disampaikan CEO Min hanyalah informasi palsu yang bersifat sepihak.

"Hari ini, kami mengajukan pengaduan atas tuduhan menghalangi bisnis dan pencemaran nama baik yang dilakukan CEO Min Hee Jin, yang menyebabkan kerugian dengan mengklaim informasi palsu secara sepihak terhadap perusahaan dan artis kami," tulis Belift Lab dalam pernyataan resmi.

Belift Lab mengatakan telah menyerahkan semua bukti kepada pihak berwajib. Pihaknya juga menegaskan bahwa ILLIT tidak pernah menjiplak NewJeans.

"Kami telah menyerahkan bukti kepada lembaga penegak hukum terkait untuk membuktikan bahwa tuduhan tersebut berbeda dari kebenaran. Meski memerlukan waktu, kami akan menyelesaikan perselisihan ini sesuai proses hukum," kata agensi.

Lebih lanjut, Belift Lab juga menjelaskan definisi plagiarisme yang sesungguhnya. Plagiarisme kekayaan intelektual adalah masalah yang perlu dinilai berdasarkan kriteria dan prosedur yang tepat, bukan berdasarkan penafsiran yang bias dan menyimpang dari satu orang.

Namun demikian, pihaknya ingin meminta maaf atas situasi yang menyebabkan upaya dan pencapaian artisnya diremehkan karena spekulasi yang tidak masuk akal dan penyebaran informasi palsu. Akibat tuduhan bertubi-tubi yang dilayangkan Min Hee Jin, para member grup Kpop ILLIT pun harus menanggung kecaman warganet yang tiada henti. Agensi juga meminta dengan tegas kepada siapa pun untuk berhenti menghujat member ILLIT.

"Meskipun akar masalahnya tidak ada hubungannya dengan member ILLIT, mereka mendapat banyak komentar jahat, ejekan, dan serangan pribadi. Kami dengan tulus meminta semua orang untuk menghentikan penghinaan, fitnah, penyebaran informasi palsu, dan pencemaran nama baik terhadap artis kami," ujarnya.

Selanjutnya, Belift Lab akan berusaha sekuat tenaga untuk melindungi para artisnya.

Sebelumnya, Min Hee Jin menyebut bahwa ILLIT meniru konsep NewJeans. Pernyataan itu dilontarkan di tengah konfliknya dengan HYBE.

Min Hee Jin mengatakan ILLIT menyalin konsep NewJeans saat debut mereka dalam semua aspek kegiatan hiburan, termasuk rambut, riasan, pakaian, koreografi, foto, video, dan penampilan acara. Pemotretan hanbok ILLIT juga tak lepas dari tuduhan plagiasi tersebut.

Hingga kini, konflik antara CEO ADOR Min Hee Jin dan label HYBE masih terus bergulir. Konflik tersebut semakin melebar dan menyeret beberapa pihak, termasuk ILLIT dan agensinya, Belift Lab. Baik ADOR maupun Belift Lab merupakan agensi yang sama-sama berada di bawah naungan HYBE Labels.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini