Sukses

Girl Grup Asal Meksiko Menanggapi Isu Tuduhan Menjiplak NewJeans

Menanggapi kontroversi tuduhan menjiplak NewJeans, girl grup Meksiko tersebut memberikan tanggapan yang cukup mengejutkan penggemar.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 20 Mei lalu, NewJeans dituduh melakukan plagiarisme terhadap grup lain. Lebih tepatnya, tuduhan tersebut ditujukan untuk Min Hee Jin yang menjadi otak di balik kesuksesan NewJeans

CEO ADOR tersebut dianggap telah menjiplak girl grup asal Meksiko yang bernama Jeans. Hal ini tentu mengundang perhatian setelah kisruh Min Hee Jin dengan HYBE turut membawa permasalahan plagiasi yang dilakukan ILLIT terhadap NewJeans.

Dari permasalahan ini, banyak orang turut mencatat kesamaan branding, konsep, serta koreografi yang mirip antara grup asuhan Min Hee Jin tersebut dan grup Meksiko, Jeans. Hasilnya, netizen Korea menemukan banyak kemiripan bahkan dalam hal-hal detail seperti warna pakaian hingga font yang digunakan dalam desain album.

Menanggapi kontroversi ini, girl grup Meksiko tersebut memberikan tanggapan yang cukup mengejutkan penggemar. Alih-alih marah dan memperparah keadaan, Jeans justru memberikan jawaban yang menenangkan.

“Kami senang bahwa tahun 90an telah kembali dan menjangkau generasi baru! (emotikon cinta),” ungkap Jeans melalui akun resmi TikTok mereka @groupjns pada sebuah komentar.

Berdasarkan hal ini, diketahui grup tersebut tidak merasa keberatan dengan kemungkinan plagiasi yang dilakukan oleh NewJeans. Tidak hanya itu, Jeans bahkan merasa bangga bahwa mereka bisa menginspirasi NewJeans dan bisa memperkenalkan konsep 90-an ke penggemar muda di masa sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Penggemar NewJeans

Atas tuduhan plagiarisme yang dilayangkan, NewJeans pun menerima beragam respons dari banyak orang. Tidak sedikit komentar buruk dari netizen Korea maupun global berdatangan untuk Minji, Danielle, Haering, Hanni, dan Hyein.

Momen ini semakin mendapat perhatian dari banyak orang tatkala salah satu video TikTok buatan penggemar menjelaskan bahwa NewJeans diserang oleh berbagai komentar buruk.

Merespons kejadian ini, Bunnies--sebutan untuk penggemar NewJeans pun melakukan aksi untuk membela idola mereka. Beberapa dari mereka meminta Jeans untuk angkat biacara hingga grup asal meksiko tersebut angkat bicara.

“Tolong katakan sesuatu tentang itu. NewJeans dituntut karena dugaan plagiarisme, dan mereka semua adalah perempuan di bawah  usia 18 tahun,” ucap penggemar dengan username JR Ortiz Huerta.

3 dari 3 halaman

Lebih Lanjut tentang Perseteruan Min Hee Jin X HYBE

Konflik antara CEO ADOR Min Hee Jin dan HYBE telah memicu kontroversi besar di industri KPop. Konflik tersebut melibatkan perebutan kekuasaan hingga tuduhan plagirisme. Pada 22 April 2024 lalu, HYBE dilaporkan menggelar rapat pemegang saham untuk menyelesaikan perselisihan internal serta menuntut pengunduran diri Min Hee Jin.

Selain itu, HYBE pun menuduh Min Hee Jin telah berencana untuk melepaskan diri dari HYBE bersama ADOR dan NewJeans. Ia juga dituduh memanipulasi opini publik terhadap HYBE dan membocorkan informasi privasi kepada publik.

Dilansir dari PinkVilla, Min Hee Jin turut menuduh HYBE dengan mengizinkan anak perusahaannya yang lain, BELIFT Lab, untuk menjiplak NewJeans melalui ILLIT. Di sisi lain, CEO ADOR itu juga menekankan komitmen ADOR untuk melindungi dan ‘mengurus’ NewJeans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.