Sukses

Belift Lab Mohon Serangan kepada ILLIT Dihentikan, Banjir Komentar Jahat Usai Dituding Plagiat NewJeans

Belift Lab juga membantah keras tudingan konsep debut ILLIT dalah jiplakan NewJeans.

Liputan6.com, Jakarta ILLIT bisa dibilang salah satu korban terbesar dalam perseteruan Min Hee Jin versus HYBE. Seperti diketahui, CEO ADOR itu mengklaim asal mula perselisihan dengan HYBE adalah konsep debut ILLIT yang dituding hasil plagiat dari NewJeans. 

Gara-gara tudingan ini, Yunah, Minju, Moka, Wonhee, dan Iroha jadi bulan-bulanan di medsos. Ini diungkap agensi ILLIT, Belift Lab, yang merupakan anak perusahaan HYBE, dalam pernyataan resmi yang mereka rilis pada Rabu (22/5/2024).

"Meski isu ini tak berkaitan dengan ILLIT, para member ILLIT menderita karena serangan komentar jahat, cemooh, dan serangan pribadi yang parah," kata perwakilan, diwartakan Soompi.

Ditambahkan, "Karena itu, kami mohon dengan sungguh-sungguh, agar cemoohan liar, serangan jahat, penyebaran informasi palsu, serta fitnah kepada para member segera dihentikan."

Belift Lab mewanti-wanti bahwa pihaknya akan berupaya keras melindungi artisnya. Di sisi lain, agensi juga membantah keras tudingan Min Hee Jin, bahwa konsep debut grup ini hasil menjiplak NewJeans

"Kami dengan tegas menyatakan tuduhan plagiarisme yang disampaikan Min Hee Jin sama sekali tidak benar. Kami telah mengajukan buktinya kepada pihak yudisial yang berwenang, yang bisa membuktikan bahwa tuduhan ini tak benar," kata pihak Belift Lab.

Setelahnya, agensi ini menegaskan akan menempuh proses pembuktian sesuai hukum yang berlaku, meski prosesnya bakal memakan waktu panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Boleh karena Penafsiran Sepihak

Pihak Belift Lab menyayangkan tudingan yang disampaikan Min Hee Jin. Pasalnya, plagiarisme bukan tuduhan yang bisa dilancarkan dengan sembrono.

"Penentuan apakah sebuah kekayaan intelektual telah diplagiat seharusnya dilakukan berdasar standar dan prosedur yang masuk akal, bukan berdasarkan penafsiran sepihak dan menyimpang," kata pihak Bellift Lab.

3 dari 4 halaman

Resmi Laporkan Min Hee Jin

Karena dinilai sangat merugikan, Belift Lab akhirnya secara resmi melaporkan Min Hee Jin ke pihak berwenang. 

"Hari ini, kami memasukkan komplain terhadap CEO Min Hee Jin atas dakwaan mengganggu usaha dan fitnah, menyebabkan kerugian pada perusahaan kami dan juga artis terkait, terkait klaim palsu yang ia sampaikan," kata perwakilan Belift Lab.

4 dari 4 halaman

Tuding Tiru Makeup hingga Koreografi

Tuduhan konsep debut ILLIT menjiplak NewJeans, disampaikan Min Hee Jin CEO ADOR, sebulan lalu. Tudingan ini muncul saat awal perseteruannya dengan HYBE memanas.

"ILLIT meniru NewJeans di semua area dalam aktivitas mereka termasuk rambut, makeup, kostum, koreografi, foto, video, dan penampilan dalam event,” kata Min Hee Jin dalam pernyataannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.