Sukses

Soal Jin BTS Dicium Paksa oleh Penggemar, Polisi Benarkan Ada Komplain atas Dugaan Pelecehan

Pihak kepolisian belum menetapkan tersangka, atas insiden yang menimpa Jin BTS.

Liputan6.com, Jakarta Sehari setelah kelar wajib militer atau wamil, Jin BTS langsung tancap gas dengan menggelar jumpa penggemar pada 13 Juni 2024 kemarin. Event yang menjadi rangkaian acara BTS Festa ini berlangsung meriah dan dihadiri ribuan ARMY—sebutan bagi penggemar grup ini.

Apalagi ada satu kegiatan khusus yang jarang-jarang terjadi: hug event. Dalam event ini, sebanyak seribu penggemar bisa berinteraksi langsung dengan sang idola lewat pelukan atau jabat tangan.

Hanya saja, ada insiden yang membuat banyak ARMY naik darah. Diwartakan Korea JoongAng Daily, sejumlah penggemar yang berkesempatan ikut serta dalam hug event ini, malah mencoba mencium Jin. Adapun sang member tertua BTS terlihat tak nyaman dengan kondisi ini, tapi tetap melanjutkan event tersebut sampai tuntas.

Insiden ini menuai kemarahan ARMY di media sosial. Diwartakan Soompi, seorang penggemar menyampaikan di internet bahwa ia melaporkan orang-orang yang mencoba mencium Jin, kepada Kepolisian Songpa Seoul.

“Aku melaporkan pelanggaran Pasal 11 UU Kekerasan Seksual, berupa ‘pelecehan di tempat ramai’, melalui Sistem Petisi Nasional,” kata penggemar anonim tersebut.

Polisi kemudian membenarkan bahwa ada komplain mengenai hal ini yang disampaikan lewat sistem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersangka Belum Ditetapkan

“Kami menerima komplain lewat Sistem Petisi Nasional, tapi belum menerima laporan secara formal. Kami belum menetapkan tersangka,” kata perwakilan kepoisian Songpa Seoul.

Ditambahkan, bahwa pihak kepolisian akan mempertimbangkan detail dalam laporan warganet tersebut, untuk menentukan apakah investigasi secara resmi akan dilangsungkan.

 

3 dari 4 halaman

BTS Festa Jadi Sorotan

Di sisi lain, perhelatan BTS Festa atau acara ultah grup ini sempat menjadi sorotan media lokal. Diberitakan bahwa manajemen krisis dalam acara ini sulit dilakukan. Hal ini diperparah dengan antrian panjang dan cuaca panas mencapai 32 derajat celcius, membuat sekitar 50 penggemar dilarikan ke booth medis. 

Sementara X Sport News mewartakan, berdasarkan keterangan staf di lokasi, hanya ada dua ambulans yang disiagakan di lokasi.

4 dari 4 halaman

Ditepis HYBE

HYBE, induk dari agensi BTS Big Hit Music, langsung menjawab pemberitaan ini. Mereka membantah ada 50 orang yang mesti dilarikan ke ruang medis.

"Tidak ada kasus 50 orang yang mengalami sakit akibat panas,” kata HYBE. “Sekitar 60 orang mengunjungi ruangan untuk (mendapat) air dan kipas angin. Hanya satu orang yang dibawa keluar acara dengan ambulans, dan itu bukan karena penyakit terkait cuaca panas,” kata pihak HYBE.

Sementara soal ambulans, HYBE menyebut pihaknya sudah menaati regulasi yang berlaku, sekaligus berkoordinasi dengan polisi dan pemadam kebakaran. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.