Sukses

PGN Lunasi Obligasi USD 396,7 Juta

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), bagian dari Subholding Gas Pertamina, telah berhasil melunasi sisa obligasi sebesar USD 396.709.000.

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), bagian dari Subholding Gas Pertamina, telah berhasil melunasi sisa obligasi sebesar USD 396.709.000.

Pelunasan ini dilakukan tepat waktu sesuai dengan jatuh tempo pada tahun 2024. Ini merupakan bagian dari pelunasan total obligasi senilai USD 1,35 miliar yang diterbitkan pada tahun 2014 dan tercatat di Singapore Exchange. Pelunasan dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dana untuk pelunasan ini diperoleh melalui kombinasi dana internal dan fasilitas kredit yang telah dimiliki PGN sejak tahun 2023. Jumlah yang dilunasi pada tahun 2024 ini mencerminkan sisa obligasi yang ada setelah beberapa aksi korporasi, termasuk pembelian kembali sebagian obligasi pada tahun 2022 dan 2023.

Pada tahun 2022, PGN membeli kembali sebagian obligasi senilai USD 400.000.000. Langkah ini dilanjutkan dengan pembelian kembali senilai USD 553.440.000 pada tahun 2023.

Pelunasan ini merupakan bagian dari strategi manajemen PGN untuk mengelola liabilitas dan memperkuat kinerja keuangan perusahaan, serta meningkatkan kepercayaan investor.

"Langkah ini menunjukkan komitmen kami dalam menjaga stabilitas keuangan perusahaan dan memberikan nilai lebih bagi investor," ujar Direktur Keuangan PGN, Fadjar Harianto Widodo, Senin (27/5/2024).

Rencana Investasi

Ia juga menambahkan bahwa PGN tetap berkomitmen melaksanakan program kerja dan rencana investasi yang telah disusun untuk tahun ini, sambil terus memantau perkembangan situasi global.

Diharapkan bahwa pelunasan ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan PGN di masa depan, terutama dalam mengurangi beban bunga dan memperkuat posisi keuangan perusahaan.

Langkah ini juga akan mendukung rencana operasional, di mana PGN akan memanfaatkan peluang dalam transisi energi dengan meningkatkan pemanfaatan gas bumi melalui integrasi infrastruktur yang ada. Ini termasuk pengembangan dan agregasi komoditas gas bumi.

"Dengan integrasi dan agregasi infrastruktur serta molekul gas, PGN akan dapat memenuhi kebutuhan di berbagai kawasan industri baru melalui berbagai moda transportasi gas dan jenis molekul gas bumi, termasuk CNG dan LNG, demi pertumbuhan ekonomi nasional," lanjut Fadjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Bisnis Pertamina

Secara terpisah, VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa langkah strategis PGN ini memperkuat energi dan agresivitas Pertamina sebagai korporasi, serta memperkuat posisinya di mata investor melalui kinerja keuangannya.

"PGN merupakan salah satu pilar utama bisnis Pertamina di bidang pengelolaan gas, memperkuat posisi Pertamina di hadapan investor melalui pengelolaan liabilitas PGN dan memberikan nilai lebih melalui kinerja keuangannya," ungkap Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan terdepan dalam transisi energi, berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Semua upaya ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi