Sukses

Banjir Rob Terjang Panti Asuhan An-Nur Pulau Galang, Penghuni Terpaksa Mengungsi

Banjir rob merusak bangunan Panti Asuhan An-Nur Pantai Melur yang ada di Pulau Galang, Kota Batam.

 

Liputan6.com, Batam - Banjir rob merusak bangunan Panti Asuhan An-Nur Pantai Melur yang ada di Pulau Galang, Kota Batam, Rabu (25/1/2023). Banjir rob yang datang sejak beberapa hari lalu tak hanya merusak bangunan pondok, tapi juga musala dan jalan cor menuju ke musala. Musala yang berada di atas laut itu tampak nyaris roboh digulung ombak.

"Rusaknya parah, semua bangunan rusak, air masuk ke musala," kata Ujang, Ketua Yayasan Panti Asuhan An-Nur Pantai Melur.

 

Sejumlah penghuni dan pengurus panti asuhan bahkan terpaksa harus tidur di teras rumah pemilik Yayasan An-Nur. Ujang juga mengatakan, kejadian banjir rob ini menjadi yang terparang sepanjang 17 tahun panti asuhan tersebut berdiri.

"Sebelumnya tidak pernah," ujarnya.

Ujang mengaku belum menghitung kerugian akibat rusaknya bangunan musala dan asrama panti asuhan karena masih fokus mengamankan stok bantuan dan barang berharga. Sementara anak-anak panti asuhan sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Anak-anak sudah dievakuasi ke rumah darat, tapi itulah kalau tidur sementara masih diteras. Saya belum tahu kerugiannya, lumayan cukup banyak," kata Ujang.

Ujang berharap kondisi ini bisa segera berlalu dan bisa mendapat uluran tangan dermawan untuk kembali membangun panti asuhan yang dikhususkan untuk anak-anak pulau sekitar.

"Tentunya saya berharap banyak ada bantuan untuk bisa kembali membangun. Kasihan anak-anak tidurnya sementara tidak layak," harap ujang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Gubernur Kepri

Sementara itu, Gubernur Kerpi Ansar Ahmad mengimbau warga tidak membuang sampah di saluran air. Hal itu memang terdengar sepele, namun sangat membantu agar air cepat surut saat banjir rob datang.

"Saatnya masyarakat bisa bergotong royong membersihkan drainase, serta tidak membuang sampah sembarangan," kata Ansar.

Menurut Ansar, drainase yang bersih dan tertata mampu mempercepat laju air kembai ke laut saat banjir rob datang yang kerap diperparah dengan intensitas hujan yang tinggi.

"Seperti di Orchard Singapura sering dilanda banjir rob tapi cepat surut karena drainasenya tertata," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.