Sukses

Ganjar Pantau Banjir Rob, Pastikan Pembuatan Tanggul Selesai Hari Ini

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau langsung daerah terdampak banjir rob di Kampung Ujung Laut RT 1 RW 1, Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara pada Selasa pagi (24/5/2022).

Ganjar didampingi perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah mengecek tanggul dan sejumlah titik limpasan di Kampung Ujung Laut.

"Dan kemarin air dari laut melimpas, jadi bukan karena jebol saja. Di beberapa titik kita minta dari BBWS, BSDA, kita minta untuk bekerja sama termasuk masyarakat kita coba tutup jebolnya di ujung sana," kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan bahwa air yang masuk ke pemukiman warga berasal dari limpahan air laut yang meluber. Air luberan pun sempat tertahan tanggul. Namun karena besaran volume air yang terlalu tinggi membuat luberannya meluas.

Tak beberapa lama, Ganjar langsung memerintahkan BBWS dan BKSDA Jawa Tengah dibantu warga mengeruk tanah dan membuat tanggul untuk menutup limpasan. 

"Tanahnya sudah ada, ini tinggal dikeruk. Saya minta dikerjakan sebelum jam 1 karena hari ini kemungkinan akan naik lagi. Kalau ini bisa kita cegah, insya Allah akan terkendali," ujar Ganjar.

Ganjar melanjutkan, upaya jangka pendek yang dilakukan antara lain membuat tanggul sementara sebanyak mungkin dan mencari titik-titik limpasan. Terutama yang dekat dengan pemukiman warga.

"Beberapa pekerjaan yang sifatnya jangka menengah pendek sedang dikerjakan. Beberapa proyek Bina Marga dan BKSDA sedang menegerjakan itu. Kita juga minta gambar dari udara titik bocornya biar kita tau," ucap Ganjar.

2 dari 2 halaman

Peringatan Dini

Selain itu, Ganjar memberi peringatan dini kepada warga untuk tetap siaga. Sebab data dari BMKG menyebutkan masih akan terjadi peningkatan permukaan air pasang dari laut.

Ganjar juga meminta Pemkot dan Pemda untuk bergerak cepat membangun posko bencana, tenda pengungsian, dapur umum hingga tenaga medis di sejumlah titik yang terdampak banjir rob parah.

Lebih lanjut, Komet selaku Ketua RW 1 Kampung Ujung Laut mengatakan, tanggul yang ada memang tak terlalu rusak saat banjir rob melanda. Namun karena besarnya volume air sehingga tak tertahan.

Ia juga bilang, tanggul yang sedang dibuat atas instruksi langsung dari Ganjar bisa mencegah masuknya air ke pemukiman warga, terutama di Kampung Ujung Laut

"Ketika itu sudah ditanggulangi Pak Gub (Ganjar) langsung hari ini paling sudah selesai. Mungkin ketika air masuk, mengurangi bahkan tidak bisa air laut masuk lagi ke pemukiman," ungkap Komet.

  • Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.
    Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.
    Banjir ROB
  • Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di pulau Jawa, Indonesia.
    Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di pulau Jawa, Indonesia.
    Jateng
  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo