Sukses

Penyebab Knalpot Motor 4-Tak Sembur Asap Putih

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya sepeda motor bermesin 4-tak, knalpotnya nyaris tidak mengeluarkan kepulan asap. Apabila mengeluarkan asap berwarna putih yang cukup pekat Anda perlu waspada, pasalnya menandakan adanya rembesan oli ke ruang bakar.

"Ngebul banyak faktor, bisa (merembes) dari piston atau ring piston, bisa juga dari seal klep. Kalau saya liat itu faktor disiplin ganti oli, yang kedua oli palsu," jelas Supardiono, Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta pada Liputan6.com.

Pria dengan sapaan Pardiono ini memaparkan bila saat ini di pasaran telah banyak beredar oli dengan kemasan asli namun sebenarnya palsu. Kualitas oli yang bagus dengan waktu penggantian yang sesuai jadwal tidak akan membuat baret atau goresan pada lapisan boring, bila terjadi goresan itu karena usia pemakaian.

"Pelumasan di boring nggak bagus. Kalau olinya bagus jarang sekali (tergores), baret itu faktor usia," tuturnya.

Untuk mengatasi permasalahan asap putih yang ngebul keluar dari knalpot akibat boring yang tergores ada dua cara. Bisa dengan mengganti bore dan piston atau yang lebih terjangkau dengan cara oversize.

"Ganti satu set (bore dan piston set) sekarang sudah murah, sekitar Rp 600 ribuan. Kalau masih halus, oversize satu tingkat. Naiknya kelipatan 0,25 mm sampai maksimal 1,00," paparnya.