Sukses

Mesin Motor Susah Hidup di Pagi Hari? Waspadai Hal Ini

Banyak sebab yang membuat mesin motor susah hidup di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik motor biasanya memanaskan mesin tunggangannya terlebih dahulu di pagi hari. Tujuan ritual ini tak lain agar oli tersirkulasi dan suhu mesin mencapai kondisi ideal.

Berdasarkan banyak kejadian, motor sulit dihidupkan setelah semalaman diparkir. Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta menyebut banyak sebab yang membuat mesin susah hidup di pagi hari.

"Suhu pagi engine masih dingin, lebih susah terbakar. Makanya dikasih choke, yang awalnya ideal campurannya dibikin sedikit kaya (lebih banyak BBM)," jelas pria dengan sapaan Pardiono itu pada Liputan6.com.

Ia menjelaskan, secara prinsip motor bakar terdiri tergantung pada tiga hal, kompresi, pengapian, dan bahan bakar. Kendala teknis bisa terjadi pada beberapa komponen yang mendukung kinerja ketiganya.

"Busi berpengaruh, sudah jelek. Sudah ada kerak di elektroda apinya nyebar," lanjutnya.

Selain pengapian, Pardiono menyarankan pemilik sepeda motor untuk memeriksa karburator dan filter udara. Apabila filter kotor menghambat masuknya udara. Atau bisa juga setelan karburator, misalnya, yang sudah berubah.

"Karburator ada setelannya, anginnya udah bener atau belum. Setelan angin kalau motor bagus 1/8 putaran ke kiri dari mentok. Filter udara ada mampet atau jelek juga motor susah hidup," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini