Sukses

[VIDEO] Penyelundupan Ratusan Kukang Digagalkan

Upaya penyelundupan ratusan hewan langka jenis kukang berhasil digagalkan petugas konservasi saat hendak dibawa dari Sumatera ke Jawa. Petugas juga berhasil mengamankan pelaku dan mobil fuso yang membawanya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (8/11/2013), petugas polisi hutan berhasil mengamankan 238 ekor jenis kukang Sumatera dan seekor burung alap-alap dari penyelundup hewan langka. Kukang dengan matanya yang besar ini termasuk hewan yang sudah sangat langka. Tidak berdaya meringkuk di dalam kotak saat diselamatkan petugas.

Para penyelundup ini berkilah tidak tahu bahwa hewan yang dibawanya ternyata dilindungi. Tetapi polisi meyakini ini adalah bagian sindikat penyelundup hewan langka.

Penyelundupan hewan langka tampaknya masih terus terjadi. Tim Sigi Investigasi SCTV pernah menemukan penyelundupan hewan trenggiling yang tergolong hewan dilindungi.

Ini membuktikan sindikat penyelundupan hewan langka terus berkeliaran dan diperlukan pengawasan yang lebih ketat lagi agar hewan langka di Indonesia tidak punah dari bumi Indonesia. (Riz/Sss)