Sukses

Anies Gelar Halal Bihalal, Apresiasi ASN yang Bertugas Selama Mudik Lebaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh jajaran ASN DKI Jakarta selama bertugas di jelang dan pasca libur lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta selama bertugas di jelang dan pasca libur lebaran 1443 Hijriah.

"Petugas-petugas kita bertugas di saat masyarakat mudik, di saat masyarakat menikmati liburan, jadi petugas-petugas kita bekerja panjang, kami sampaikan ucapan terima kasih apresiasi," kata Anies saat halal bihalal Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Senin (9/5/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, usai libur lebaran kapasitas ASN untuk kembali bekerja di kantor tetap terbatas, hanya 75 persen. Batasan ini merujuk aturan status PPKM Level 2 di Jakarta.

Meski demikian, Anies menekankan bahwa kegiatan ASN Pemprov DKI sejatinya sulit bekerja dari rumah. Alasannya, sifat pekerjaan ASN DKI mayoritas adalah pelayanan.

"Memang sebagian pekerjaan WFH, sebagian tidak bisa WFH karena pekerjaan di pelayanan itu harus dikerjakan di kantor, seperti kelurahan, kecamatan, puskesmas, rumah sakit itu harus dijalankan," kata Anies.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza diketahui menjalani hari raya Idul Fitri di Inggris. Keberadaannya di Inggris untuk menjenguk sang anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rusun Petani di Kampung Bayam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meletakkan batu pertama pembangunan rumah susun (rusun) petani di Kampung Bayam pada sisi timur laut Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (7/5/2022).

"Janji kami kepada mereka ketika nanti dibangun kembali permukiman, maka mereka selama ini berprofesi sebagai petani tetap bisa berkegiatan pertanian dan itu disiapkan rancangannya, disiapkan lahannya," kata Anies kepada wartawan di Jakarta Utara, Sabtu (7/5/2022), yang dilansir dari Antara.

Anies yang berulang tahun ke-53 pada 7 Mei ini, ingin hunian yang dibangun kembali di atas tanah yang dulunya bekas rawa-rawa kumuh itu, dapat meningkatkan kualitas hidup warga Kampung Bayam.

Kampung Susun Bayam terdiri dari tiga blok/gedung dengan empat lantai yang diperuntukkan bagi 135 kepala keluarga, ditambah tiga unit hunian khusus disabilitas, sehingga total terdapat 138 unit hunian.

Di setiap unit hunian memiliki luas 36 meter persegi dengan tata ruangan meliputi dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga, balkon dan tempat menjemur pakaian.

Selain area permukiman seluas 11.844 meter persegi, juga terdapat area pertanian perkotaan (urban farming) konvensional (tani tapak) seluas 1.914 meter persegi yang akan dibangun di sana dengan target penyelesaian September 2022.

Konsep desain Kampung Susun Bayam mengambil konsep Mezanin, yakni pada satu lantai bangunan terdapat dua lantai fungsional, dengan konsep tata hijau sehingga di lahan hunian juga nantinya pendampingan hidroponik.

 

3 dari 4 halaman

Kampung Bayam Ditargetkan Rampung September 2022

Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakpro melakukan groundbreaking pembangunan penataan Kampung Susun Bayam, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, Jakpro telah melakukan kegiatan sosialisasi dengan Resettlement Action Plan (RAP) bersama warga sekitar yang terdampak pembangunan JIS sejak Mei – Agustus 2019.

“Hari ini, kita mulai babak baru untuk peletakan batu pertama pencanangan Kampung Susun Bayam. Proses pembangunan memang ada urutannya. Ketika proses tersebut, bagi yang menjalani akan terasa lama, tapi sesudah nanti terbangun akan menjadi sebuah tempat Bapak/Ibu menorehkan sejarah panjang di masa depan,” kata Anies, dalam keterangannya, dikutip Minggu (8/5/2022).

Menurut Anies, pencanangan Kampung Susun Bayam ini mengirimkan pesan bahwa Pemprov DKI Jakarta melakukan pembangunan yang memfasilitasi semua warga, termasuk warga Kampung Bayam yang berada di dekat pembangunan JIS.

"Pembangunan yang dilakukan di tempat ini adalah pembangunan yang memfasilitasi semuanya. Semua mendapat kesempatan yang sama untuk masa depan yang cerah dan Pemprov DKI menjunjung tinggi kesetaraan kemanusiaan yang diwujudkan dalam bentuk nyata untuk warga Kampung Bayam,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anies mengklaim nantinya pembangunan Kampung Susun Bayam tidak akan menghilangkan penghidupan atau mata pencaharian warga, di mana sebelumnya warga banyak berprofesi sebagai petani perkotaan atau urban farmer.

“Bukan hanya hunian, tetapi penghidupannya direncanakan dengan melibatkan semua. Nantinya yang berprofesi sebagai petani dapat terus meneruskan profesinya, sehinga menjadi contoh di samping stadion bertaraf internasional, berdampingan dengan masyarakat petani perkotaan,” paparnya.

Anies berharap, nantinya permukiman seluas 11,8 hektar tersebut dapat dikerjakan tepat pembiayaan, tepat waktu dan tepat kualitas. Sehingga, pada September 2022 pembangunan ini dapat selesai.

“Kami titipkan tiga hal pada semua yang mengerjakan, yakni on budget, on schedule, dan on quality. Sehingga, huniannya jadi yang terbaik serta tepat waktu tuntas September," tandasnya.

 

4 dari 4 halaman

Anies Singgung Pembangunan JIS di Depan Jemaah Sholat Id: Janji Telah Tertunaikan

Ribuan jemaah memadati Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengikuti sholat Id di stadion baru kebanggan Jakarta tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan menyatakan bahwa pembangunan JIS merupakan salah satu bentuk realisasi janjinya kepada warga Jakarta.

"Sebuah janji telah tertunaikan, Jakarta Internasional Stadium sebuah mahakarya yang dikerjakan oleh anak bangsa dan dikerjakan dalam suasana pandemi," kata Anies di JIS, Jakarta Utara, Senin (2/5/2022).

Dia berharap JIS bisa menjadi bangunan multifungsi yang tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan olahraga, namun juga perhelatan sosial hingga keagamaan.

"Kita inginkan dari awal agar tempat ini bisa multipurpose, punya banyak manfaat untuk kegiatan olahraga, kesenian, kebudayaan, sosial, keagamaan," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Hari ini bisa ditunaikan," ucap Anies Baswedan.

Dia juga berujar, bahwa pelaksanaan sholat Idul Fitri di JIS sebagai bentuk rasa syukur menggapai kemenangan setelah cukup lama berjibaku melawan pandemi Covid-19.

"Dua tahun tanpa perayaan besar. Ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti Jakarta memiliki stadionnya sendiri JIS. Mahakarya atas kerja luar biasa anak negeri. Semoga stadion ini menjadi ladang pahala, ladang rezeki," ungkap Anies.

 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.