Sukses

Wagub DKI Jakarta: Tanggul Jebol Penyebab Banjir Rob Telah Diperbaiki

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai tanggul jebol yang mengakibatkan kawasan Ancol, Jakarta Utara dan sejumlah pemukiman terendam banjir rob. Kata Riza, saat ini jebol tersebut sudah diperbaiki.

"Tanggul (di Ancol) sudah ditangani. Sudah tidak ada masalah ya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Politikus Gerindra itu menyatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait peristiwa tersebut. "Nanti akan kami evaluasi. Memang, di situ ada tanggul yang jebol," jelas dia.

Sebelumnya, banjir rob melanda 39 RT di DKI Jakarta pada Selasa (7/12). Tinggi genangan air beragam, dari paling rendah 40 cm hingga 80 cm.

Data dikutip dari BPBD provinsi DKI Jakarta Pusdatin kebencanaan pada Selasa (7/12/2021) pukul 12.00 WIB, sebanyak 24 RT di Jakarta Utara mengalami banjir rob. Yaitu di Kelurahan Pluit dengan ketinggian 80 cm melanda 11 RT, Kelurahan Penjaringan dengan tinggi air 50 cm melanda 1 RT, Kelurahan Pejagalan dengan tinggi air 40 cm melanda 1 RT, Kelurahan Ancol dengan ketinggian air 60-80 cm melanda 11 RT.

 

2 dari 2 halaman

Dampak ke Wilayah Lainnya

Kemudian di Jakarta Barat 14 RT terdampak banjir rob. Yaitu di Kelurahan Kedoya Utara dengan ketinggian 50 cm dengan 5 RT terdampak, Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggi 40 cm melanda 11 RT, Kelurahan Kamal dengan ketinggian 40 cm melanda 5 RT, serta Kelurahan Tegal Alur di 3 RT dengan ketinggian air 50 cm.

Serta satu RT terdampak banjir rob di Kepulauan Seribu terjadi di Kelurahan Pulau Pari dengan ketinggian air 50 CM.