Sukses

Renovasi Belum Rampung, Masjid Istiqlal Tidak Akan Gelar Salat Idul Adha

Ditiadakannya salat Idul Adha di Masjid Istiqlal juga demi keselamatan masyarakat di tengah pandemi Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Masjid Istiqlal tidak akan menggelar salat Idul Adha 1411 Hijriyah. Keputusan ini diambil dalam rapat teleconference yang membahas persiapan salat Idul Adha.

"Pada intinya, Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Idul Adha," ucap Muhadjir usai rapat, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan, ada pertimbangan subyektif dan obyektif, sehingga diputuskan masjid tersebut belum memungkinan menggelar salat Idul. Salah satunya, karena renovasi Masjid Istiqlal hingga kini belum rampung.

"Kita dalam keadaan renovasi. Memang hampir selesai yakni 98 persen. Tapi masih ada tahap berikutnya yang belum selesai. Jadi terkait dengan pintu masuknya," tutur Nasaruddin.

"Saya mohon betul perhatian masyarakat DKI Jakarta, kita belum bisa melakukan solat Idul Adha di Istiqlal," sambung dia.

Nasaruddin menyebut persiapan pelaksanaan salat Idul Adha juga sangat mepet sementara renovasi Masjid Istiqlal belum rampung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Juga karena Corona

Selain itu, Nasaruddin menjelaskan ditiadakannya salat Idul Adha di Masjid Istiqlal juga demi keselamatan masyarakat.

Hal ini mengingat penyebaran virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta masih cukup tinggi. Atas pertimbangan itu, maka Istiqlal memutuskan untuk tidak menggelar salat Idul Adha.

"Kita kedepankan yang wajib baru sunnah. Karena itu Istiqlal berpendapat bahwa untuk kemaslahatan semuanya," kata Nasaruddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.