Sukses

14 Warga Filipina Diamankan di Pulau Bunyu

Sebelumnya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah mengumumkan darurat militer di seluruh Mindanao. Gencatan senjata pun dilancarkan.

Liputan6.com, Nunukan - Sebanyak 14 warga Filipina tertangkap aparat keamanan perusahaan tambang batubara di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, karena masuk ke Indonesia secara ilegal.

Komandan Pos TNI AL Pulau Bunyu, Letda Laut M Hirin mengatakan 14 WN Filipina ditemukan petugas sekuriti perusahaan itu yang mencurigai keberadaan dua orang memegang jeriken. Kedua orang itu diketahui keberadaannya pukul 07.30 Wita.

Dia menduga, seperti dilansir Antara, jeriken itu akan diisi bahan bakar minyak (BBM) tanpa tahu telah berada di NKRI.

Petugas keamanan perusahaan itu lalu menghubungi Pos TNI AL di Pulau Bunyu. Setelah kedua orang itu diamankan, diketahui, ternyata ada warga Filipina lainnya yang ada di pulau itu.

Ke-14 WNA Filipina masih dalam proses interogasi dan pendataan prajurit TNI AL Pos Pulau Bunyu.

Sebelumnya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah mengumumkan darurat militer di seluruh Mindanao, gencatan senjata pun dilancarkan. Guna mencegah adanya militan Maute yang terkait ISIS lari ke Indonesia, pemerintah RI memperketat pengamanan di wilayah perbatasan dengan Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.