Sukses

Bedah Desain Baru Gerai McDonald’s Indonesia yang Diklaim Lebih Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Langkah kecil kembali diambil McDonald’s Indonesia untuk memastikan praktik bisnis mereka lebih ramah lingkungan. Kali ini lewat pembukaan perdana gerai dengan desain baru, yakni McDonald's Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang resmi beroperasi mulai hari ini, Sabtu (1/10/2022).

Director of Store Development Group McDonald's Indonesia, Ratna Wirahadikusumah, mengatakan bahwa gerai di merupakan bagian dari upaya pihaknya melakukan green initiatives. Ini termasuk pemasangan solar panel dan penggunaan material campuran plastik daur ulang pada elemen interior maupun eksterior restoran.

"Anyaman bunga tanjung di bagian eksterior gerai ini, selain mengukuhkan konsep ramah lingkungan karena terbuat dari bahan sintetis bermaterial daur ulang, juga sekaligus memberi sentuhan ala Indonesia," kata Ratna dalam jumpa pers di lokasi gerai terbaru, Jumat, 30 September 2022.

Fitur itu juga berfungsi sebagai sun shading untuk menangkal panas sinar matahari, sehingga suhu di dalam gerai jadi lebih sejuk. "Gerai ini juga didukung 45 persen area resapan, termasuk lahan hijau," imbuhnya.

Selain, gerai McD Boulevard Barat juga menggunakan ecobrick, yakni material batu bata dan pavement ramah lingkungan dari campuran sampah plastik untuk pavement area parkir motor dan sebagian pagar pembatas lahan. Dijelaskan bahwa setiap dua kilogram ecobrick setara dengan mendaur ulang 88 ribu lembar plastik sekali pakai.

Lantai pada balkon restoran pun menggunakan plat yang terbuat dari 80 persen material daur ulang. Pihaknya juga memasang 35 modul solar PV: 7 panel Bi-Facial dan 28 Monofacial, yang setara dengan 469,08 MWh sebagai upaya dalam mengurangi emisi karbon dalam 20 tahun. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Campuran Plastik Daur Ulang

Ratna menyebut bahwa solar panel tersebut setidaknya menutupi 15 persen kebutuhan energi gerai McDonald’s Boulevard Barat. "Ini langkah kecil yang kami mulai dan akan terus dimaksimalkan ke depannya. Kami juga butuh dukungan dari pihak-pihak terkait," ia mengatakan.

Tidak berhenti di situ, campuran plastik daur ulang juga dimanfaatkan mereka sebagai penanda musala dan toilet. Dalam hal efisiensi penggunaan, setiap toilet di gerai ini dilengkapi metode dual flush, di mana penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain menerapkan konsep ramah lingkungan, McDonald’s Boulevard Barat juga jadi gerai pertama di Indonesia yang menggunakan desain terbaru McDonald’'s global yang dinamakan Geometri di bagian interiornya. Sesuai namanya, desain ini menggunakan elemen dekorasi yang bersifat geometris,

Juga, mengombinasikan warna-warna netral dengan sentuhan warna khas McDonald's. "Sentuhan warna merah dan kuning yang sudah jadi identitas McDonald’s tetap dipertahankan. Sementara desainnya sudah ditentukan secara global, dalam penyesuaian, in-house designer kami juga bekerja sama dengan Aaksen Responsible Aarchitecture yang berbasis di Bandung," Ratna menyebut.

3 dari 4 halaman

Melanjutkan Kontribusi

Desain Geometri ini diharapkan membuat McDonald's Boulevard Barat bernuansa lebih kekinian, segar, dan playful tanpa menghilangkan kesan hangat dan nyaman yang merupakan ciri khas dari setiap gerai McDonald's. Bersama inisiasi-inisiasi baru itu, mereka pun mempertahankan fasilitas lama.

Seperti gerai lain, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, menyebut bahwa McDonald's Boulevard Barat juga dilengkapi fasilitas, mulai dari McCafe, Party Room, Playland, Mushola, Wi-fi bebas biaya, hingga Self Ordering Kiosk.

"Yang unik, di sini menerapkan Dual Point System dan Double Line Drive Thru. Seluruh sistem ini hadir untuk meminimalisir antrean panjang, serta meningkatkan kenyamanan konsumen," ia mengatakan.

Sutji melanjutkan, "Hadirnya McDonald’s Boulevard Barat dengan desain terbaru dan memanfaatkan elemen ramah lingkungan jadi momentum penting bagi kami untuk terus melanjutkan kontribusi McDonald’s dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik."

Langkah ini merupakan wujud dari komitmen McDonald's secara global yang hendak mencapai target penurunan emisi karbon pada tahun 2050. Juga, sejalan dengan misi pemerintah Indonesia dalam menargetkan nol emisi karbon pada 2060.

4 dari 4 halaman

Langkah Awal

Sutji juga berkata bahwa inisiatif di gerai terbaru McDonald's Indonesia ini merupakan komitmen lanjutan pihaknya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Sebelumnya, mereka telah melakukan berbagai langkah, seperti menggunakan kemasan yang mudah didaur ulang.

Juga, menghentikan penggunaan sedotan plastik dan plastik pembungkus. Mereka pun telah bekerja sama dengan organisasi non-profit untuk pengelolaan surplus makanan demi meminimalisir limbah makanan.

Ia menambahkan, "Kami berharap McDonald’s Boulevard Barat dapat jadi langkah awal untuk membangun restoran yang memanfaatkan elemen ramah lingkungan serupa hingga pada akhirnya dapat berdampak lebih signifikan terhadap lingkungan hidup."

"Di sisi lain, diharapkan pembaruan desain Geometri pada McDonald's Boulevard Barat dapat memberi suasana baru yang terasa lebih nyaman dan istimewa untuk para konsumen," imbuh Sutji.

Sementara Ratna berharap bahwa pihaknya bisa jadi trendsetter dalam desain gerai. "Dengan begini, kami ingin terus relevan dengan pasar," tuturnya. "Mimpi besarnya nanti kami akan punya green building sendiri yang diakui dan terakreditasi. Ini hanya permulaan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.