Sukses

Diaspora Makan Burger di Restoran McDonald's Spanyol, Apakah Lebih Enak dari Versi di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai restoran cepat saji yang punya cabang di banyak negara. Salah satunya adalah McDonald's atau McD yang cabangnya tersebar di seluruh dunia. Jaringan restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) ini pun diketahui memiliki rasa yang berbeda di setiap negara untuk menyesuaikan lidah pelanggannya.

Seorang wanita Indonesia yang sedang berada di Spanyol pun mencoba menyantap menu makanan McD di sana. Ia membagikan ulasan tentang makanan tersebut melalui akun TikTok @angel__priscilla.

Menurutnya, harga makanan di McDonald's Spanyol itu cukup mahal lantaran satu paket dibanderol dengan harga sekitar Rp150 ribu. Isinya terdiri dari es krim karamel, kentang goreng, dan burger hasil kolaborasi McD dengan Sebastian Yatra, penyanyi dan aktor asal Kolombia.

Paket itu juga sudah termasuk minuman. Wanita bernama Angel itu menjelaskan ada empat cola yang bisa dipilih, yaitu diet coke, zero sugar coke, zero sugar zero caffeine coke, dan normal coke. Di paket itu, ia memilih cola normal (normal coke).

Untuk yang pertama ia menyantap burger. Ukuran burgernya ternyata lebih besar dari yang biasa kita jumpai di Indonesia. Tapi bagaimana dengan rasanya?

Menurut Angel, daging burger itu sangat enak tapi saus di dalamnya kurang. Ia kemudian menambahkan saus BBQ yang disediakan dan menurutnya saat dicampurkan rasanya justru jadi aneh. Burger itu diberi nilai 6 dari 10.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bentuk Roti

Ia pun mencoba kentang goreng. Meski enak, menurutnya, kentang goreng tersebut tak serenyah kentang goreng di Indonesia sehingga nilai yang diberikan adalah 7 dari 10. " Gue setuju sih kalau kentang McD itu terenak seantero Indonesia," tulis Angel dalam unggahan tersebut.

Sedangkan untuk cola, penutupnya masih menggunakan tutup plastik biasa. Cola itu diberikan nilai 10 dari 10 karena McDonald's Spanyol menyajikan banyak pilihan. Sedangkan untuk es krim karamel yang ia cicipi terakhir memiliki rasa susu yang cukup kuat. Ia pun sangat menikmati es krim tersebut.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. Sejumlah wargnet menyoroti bentuk rotinya yang sangat bagus bahkan terlihat berkilau.

"Roti burgernya lebih glowing daripada kulit aku," komentar seorang warganet. "Tapi berasa enak lihatnya dibanding di Indonesia," timpal warganet lainnya. Tak lama kemudian, pada Rabu, 14 September 2022, ia kembali membagikan video tentang pengalamannya di McD. 

3 dari 4 halaman

Tak Ada Ayam Goreng

Di sana ternyata tidak ada menu ayam goreng dan hanya menjual burger sebagai menu utama. Padahal, ia merasa penasaran ingin mencoba ayam goreng karena termasuk menu favoritnya di McD Indonesia.

"Di sini ternyata nggak ada menu ayam goreng, padahal aku paling suka sama ayam McD, enak dan juicy banget, Menu utamanya cuma butger," kata Angel.  Beberapa warganet berkomentar kalau menu ayam goreng biasanya hanya ada di negara-negara Asia, bahkan di AS juga tidak pernah membuat menu ayam goreng.

Warganet lainnya ada yang berkomentar ia pernah ke Latvia dan di sana ada menu ayam goreng. Selain itu, sangat jarang restoran McD di negara-negara Eropa menyediakan menu tersebut.

Dalam unggahannya itu, Angel juga mengakui kalau dia terinspirasi membuat konten setelah melihat ada pria atau turis asing yang membuat video review saat dia makan di sebuah resto McD di Indonesia.

Video yang dimaksud Angel adalah video seorang pria Australia yang tengah berada di Indonesia dan mencoba menu makanan McD Indonesia. Hal ini lalu ia bagikan melalui akun TikTok @benorsini, Selasa, 9 Agustus 2022. Video tersebut sempat viral dan banyak dibahas warganet Indonesia.

4 dari 4 halaman

Nilai Tertinggi

Dalam unggahan itu, ia membeli cukup banyak menu di McD. Total harga yang harus ia bayar untuk semua itu adalah 30 dolar Australia atau sekitar Rp310 ribu dan menurutnya nilai ini sangatlah murah.  Menu pertama yang ia coba adalah kentang goreng. Menurutnya kentang goreng ini cukup enak dan ia memberi penilaian 7 dari 10.

Selanjutnya, ia menyiantap nasi dengan nugget ikan yang menurutnya cukup sesuai dengan lidahnya. Nasi dengan potongan ayam pedas pun sekali lagi berhasil memanjakan lidahnya.  Dua menu tersebut ia beri nilai 8.5 dari 10 karena sesuai dengan seleranya.

Pria ini lalu mencicipi chicken bites dan nugget dengan saus sambal. Menurutnya, kedua menu makanan itu terasa terlalu kering hingga ia hanya memberi nilai 5 dari 10.

Kemudian untuk ayam goreng ia sangat menyukainya. Ayam goreng renyah yang ia beli terasa gurih, juicy, empuk dan nikmat hingga ia memberi nila 9 dari 10. Pria ini juga membeli minuman yang ia tak ingat namanya dan memberi nilai 7.7 dari 10.

Pria ini lalu mencoba beberapa burger seperti cheese burger, onion burger, dan McSpicy burger.  Dari ketiga burger itu, nilai terendah diberikannya kepada cheese burger dengan nilai 3.3 dan tertinggi adalah McSpicy burger, yaitu 9.3 dari 10. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS