Sukses

Nasi Goreng Sultan Sepiring Seharga Rp1 Juta, Apa Istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta -  Indonesia punya banyak jenis kuliner yang tersebar di hampir setiap wilayah. Salah satu yang terpopuler dan mengena di setiap lidah orang Indonesia adalah nasi goreng atau nasgor. 

Selain enak, harga seporsi nasi goreng umumnya murah, mulai dari Rp10 ribu sampai puluhan ribu, tergantung dari penyajiannya dan tempat penjualannya. Namun, nasi goreng yang dibagikan kanal YouTube 'The Santoso' ini lain daripada biasanya. Untuk mencicipi nasi goreng tersebut, Anda harus mengeluarkan uang setidaknya Rp 1 juta.

Menurut video yang diunggah pada 8 November 2020 tersebut , nasi goreng mahal itu dijual oleh sebuah restoran di kawasan Ubud, Bali. Walaupun harganya sekelas makanan sultan, nasi goreng ini cukup menarik perhatian para pengunjung.

Dalam video itu, Youtuber Bobon Santoso awalnya memperlihatkan daftar menu dari restoran tersebut. Karena penasaran ada makanan favorit banyak orang dan banyak dijual di pinggir jalan dibanderol satu juta rupiah, dia langsung memesan seporsi nasi goreng.

Awalnya, Bobon tidak berekspestasi apapun mengenai rasa atau bentuk dari nasi goreng yang dijual di restoran itu. Namun begitu dibagikan di atas meja, Bobon terkejut. Pasalnya, nasi goreng itu dihidangkan bersama menu pelengkap lainnya.

Selain sepiring nasi goreng yang disajikan dengan bentuk menarik seperti nasi tumpeng, ternyata ada menu pendampingnya seperti bebek goreng, daging kambing, pepes ikan, sambal udang dan kerupuk. Selain itu ada sambal matah khas Bali dan acar tersaji di atas meja. "Oh my God, so yummy. Gue nggak bisa menggambarkan, nasi goreng ini memang layak jadi yang termahal,"ucap Bobon.

Setelah mencicipi nasi goreng mahal itu, Bobon mengaku terkejut karena rasanya ternyata enak. Bobon mengira nasi goreng tersebut dimasak oleh chef luar negeri. Usai bertanya kepada salah satu karyawan, chef yang membuat nasi goreng spesial itu ternyata orang Indonesia.

Menurut Bobon, cita rasa nasi goreng 'sultan' itu sangat sesuai dengan seleranya, baik dari segi penampilan dan penyajian, semua terbilang nyaris sempurna.

2 dari 3 halaman

Porsinya Besar

Bobon menambahkan, menu nasi goreng termahal itu menjadi favorit para tamu dari negara lain seperti dari Eropa dan Australia. Porsinya pun cukup besar, bisa untuk dua hingga tiga orang di rumah makan yang tidak disebutkan namanya itu.

Namun, sang istri tidak setuju dengan penilaian Bobon. Menurutnya, rasanya hampir sama dengan nasi goreng lainnya yang jauh lebih murah. "Enak sih rasanya, tapi nggak ada bedanya sama nasgor yang Rp20 ribu," kata istri Bobon.

Tak hanya di Bali, bulan lalu juga sempat heboh nasi goreng mahal di sebuah restoran di Bintan, Kepulauan Riau. Salah satu warganet di Twitter bernama akun @okemantaaap. mengunggah foto struk pesanan nasi goreng, mi goreng serta es teh yang menghabiskan dana mencapai Rp3,6 juta.

Untuk menikmati nasi goreng dan mi goreng harga yang terdapat dalam menu dirasa sangat mahal. Namun, ada juga komentar yang menyebut bahwa harga itu wajar lantaran tempatnya yang indah.

Dalam daftar struk tampak harga-harga yang dinilai fantastis. Es teh per porsi dipatok Rp 98 ribu, nasi goreng Rp355 ribu per porsi, serta mi goreng Rp321 ribu per porsinya. Tampak juga F&b deliverys enilai Rp130 ribu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: