Sukses

Pria Spanyol Unggah Video Goreng Kerupuk Tanpa Minyak

Cara yang dilakukan pria ini dalam menggoreng kerupuk terbilang mudah, sama sekali tak membutuhkan kompor dan alat masak lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar orang Indonesia, sambal dan kerupuk adalah menu wajib di meja makan. Menggoreng kerupuk adalah hal yang biasa. Anda pun mungkin pernah atau bahkan sering menggoreng kerupuk dengan minyak goreng.

Tapi pernahkah Anda menggoreng atau melihat orang menggoreng kerupuk tanpa minyak?  Seorang pria asal Spanyol ternyata punya cara lain untuk membuat kerupuknya renyah dan juga lebih sehat.

Pria yang tinggal di Indonesia ini akrab disapa Baba Edu dan mengaku penggemar berat kerupuk. Namun ia tidak terlalu suka kerupuk yang berminyak. Ia ternyata punya cara untuk membuat kerupuk renyah tanpa dimasak menggunakan minyak.

Baba Edu yang menikah dengan wanita Indonesia ini memasak kerupuk menggunakan microwave. Ia mengandalkan mesin pemanas makanan ini untuk menghasilkan kerupuk renyah.

Cara yang dilakukan juga terbilang mudah, sama sekali tak membutuhkan kompor dan alat masak lainnya. Bersama sang istri, Sofwa, pria yang sudah fasih berbahasa Indonesia ini menunjukkan aksinya di akun YouTube miliknya, ALA BULE.

"Assalamualaikum kerupuk lovers. Kita mau kasih tau cara menggoreng kerupuk tanpa minyak, ini lebih sehat, bisa ya. Nggak percaya?" ucap Baba Edu.

Sebelum dimasukkan ke dalam microwave, Baba Edu lebih dulu meratakan kerupuk di dalam wadah tahan panas. Kerupuk ditata agar tidak bertumpuk, tujuannya supaya kerupuk bisa mengembang dengan maksimal.

"Ini disayang-sayang dulu. Dipanaskan dalam microwave kurang dari satu menit," ucap Baba Edu sambil memasukkan wadah berisi kerupuk. 

Tak lama kemudian, perlahan kerupuk mulai mengembang seperti saat digoreng. Dalam waktu singkat, kerupuk matang dan langsung bisa dimakan.  Setelah matang, Edu dan keluarganya langsung mencobanya. Anak-anak Edu dan Sofwa mengaku doyan makan kerupuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerupuk di Spanyol

"Ini enak, renyah. Kerupuknya juga mengembang tapi teksturnya jadi mirip kerupuk pasir, yang digoreng pakai pasir itu. Tapi ini rasanya enak juga dan nggak oily," komentar sang istri.

Dalam video tersebut, Sofwa juga menjelaskan kalau di Spanyol sulit mendapatkan kerupuk. Kerupuk jadi bahan makanan langka yang harganya juga mahal.

"Harus ke tengah kota dulu, ke toko Asia dan harga kerupuk itu mahal. Makanya aku kalau pulang ke Indonesia, kerupuk jadi makanan yang harus banget aku bawa, untuk nyetok banyak," ungkap Sofwa.

Ia juga mengaku selalu membawa dua sampai tiga kilogram kerupuk dari Indonesia. Kerupuk yang ia bawa ini tidak hanya satu jenis tapi berbagai jenis mulai dari rengginang, emping, kerupuk bawang, dan jenis kerupuk lainnya. "Edu itu harus ngemil rengginang, dia juga suka banget emping. Kalau aku harus ada kerupuk bawang buat bikin seblak," kata Sofwa

Video goreng kerupuk tanpa minyak ini ternyata menarik perhatian warganet. Banyak yang mengaku baru tahu cara menggoreng kerupuk tanpa minyak. Namun ada juga yang sudah terbiasa memasak kerupuk menggunakan microwave. Bagaimana dengan Anda?

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.