Sukses

Waktu Terlarang Mengenakan Kacamata Hitam

Kacamata hitam bisa melindungi mata kita dari sinar UV. Namun, ada kalanya juga aksesosi iniasn tidak digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Kacamata hitam jadi andalan untuk melindungi mata dari sinar UV ketika terik matahari tengah 'galak'. Tapi, ternyata ada waktu-waktu di mana Anda harus melepas aksesori satu ini, lantaran akan berpengaruh buruk bagi kesehatan mata.

Dikutip dari Tips and Tricks Kamis, 12 September 2019, Spesialis Mata Amerika, Dr. Rebecca Taylor mengungkapkan, masalah paling umum dengan sinar UV adalah membuat mata jadi buta. Saat tidak mengenakan perlindungan apapun, sinar akan langsung menembus mata.

Namun, kerusakan mata tak hanya bisa disebabkan dari sinar yang dilihat secara terbuka. Stephen Foster dari Harvard Medical School juga menjelaskan, air, salju, dan jendela mobil dapat menyebabkan pantulan sinar matahari yang sebabkan mata menyerap dua kali dosis sinar UV.

Sebuah penelitian tahun 2014 dari US National Eye Institute menunjukkan, bahwa sinar UV dapat merusak protein lensa mata. Jika hal ini terus dibiarkan, maka dapat mengakibatkan katarak. Selain itu, sinar UV berlebihan juga dapat menyebabkan bintik-bintik kuning pada mata.

Kemudian, sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan mata jangka pendek atau disebut dengan fotokeratitis. Tanda-tandanya yaitu, mata terasa seperti mengalami kebutaan sementara atau pandangan kabur.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Pakai Kacamata Hitam Pada Waktu Ini

Jika berniat membeli kacamata hitam, penting untuk melihat perlindungan UVA dan UVB dari kacamata tersebut. Perhatikan juga, apakah kacamata tersebut menawarkan 99 atau 100 persen perlindungan dari sinar matahari.

Selain itu, yang paling penting adalah ukuran kacamata. "Semakin besar, semakin baik," kata Dr Rebbeca Taylor. Ia juga menyebutkan bahwa model kacamata John Lennon yang berbentuk bulat kecil tidak memberi perlindungan sama sekali.

Kacamata seperti itu malah membuat sinar tersebar dan masuk ke mata Anda dari berbagai sudut. Juga, ada waktu sebaiknya tidak perlu mengenakan kacamata hitam.

Penelitian menunjukkan, orang yang terpapar sinar cerah di pagi hari lebih mudah tertidur di malam hari. Alasannya karena cahaya di pagi hari berdampak pada bioritme kita. Maka dari itu, mengenakan kacamata hitam dapat mengurangi ritme ini.

Akibatnya, jika menghindari sinar di pagi hari, Anda jadi mudah lelah dan susah tidur di malam hari. Maka dari itu, Stephen Foster menyarankan setidaknya sampai pukul sembilan atau sepuluh, jangan kenakan kacamata hitam, dengan catatan Anda tidak melihat langsung ke arah matahari.

(Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.