Sukses

4 Cara Cerdas Agar Hemat Jelang Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa terasa kita sudah memasuki minggu-minggu akhir Ramadan. Itu artinya, dalam hitungan beberapa hari ke depan lebaran atau Hari Raya telah tiba.

Momen ini tentu sudah ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia.  Menjelang lebaran, biasanya kebutuhan semakin meningkat. Ada banyak barang yang hendak dibeli.

Mulai dari pakaian baru, camilan untuk sajian lebaran dan masih banyak lagi. Selain itu banyak juga dari kita, terutama yang mempunyai pekerjaan, harus menyiapkan uang angpao untuk saudara-saudara yang membutuhkan.

Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan menjelang lebaran, tidak sedikit dari kita yang akan semakin boros dan melakukan pengeluaran lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Mereka yang berstatus karyawan umumya sudah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) dari perusahaan. Tapi bukan berarti kita harus menghamburkan banyak uang. Dilansir dari Fimela, 24 Mei 2019, ada empat tips cerdas agar kita bisa lebih hemat menjelang lebaran.

Catat Kebutuhan Anda

Tips pertama adalah catat segala kebutuhan Anda, bukan keinginan Anda. Catat segala kebutuhan dari yang bernilai paling tinggi sampai yang bernilai paling rendah.

Dengan melakukan pencatatan, setidaknya bisa memininalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan atau diperlukan. Pastikan untuk membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

Tabung Sebagian Pendapatan

Saat mendapat penghasilan baik dari gaji atau THR, pastikan untuk segera menyisihkan sebagian untuk tabungan. Sebaiknya Anda memiliki dua rekening yang berbeda, satu untuk menabung dan satu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dengan begitu saat mendapatkan penghasilan yang lebih banyak termasuk saat jelang lebaran, jangan sampai menghabiskan pendapatan tersebut di sekali waktu.

2 dari 3 halaman

Jangan Mudah Tergiur Diskon

Menjelang lebaran biasanya ada banyak barang dan produk yang didiskon secara besar-besaran. Usahakan agar tidak mudah tergiur dengan diskon tersebut.

Sebaiknya membeli lah segala sesuatu secukupnya. Ketika menghadapi diskon besar, usahakan untuk lebih bijak dan teliti dalam belanja. Jangan membeli barang yang tidak terlalu diperlukan hanya karena tawaran diskon.

Jangan Terlalu Sering ke Pusat Perbelanjaan

Sekadar jalan-jalan atau mengungjungi pusat perbelanjaan memang menyenangkan. Namun ingat, kegiatan seperti itu juga membutuhkan uang yang akhirnya menuntut Anda untuk melakukan pengeluaran.

Kunjungi mal atau pusat perbelanjaan seperlunya saja. Tinggal di rumah justru atau menghabiskan waktu di tempat ibadah akan membuat Anda lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.  (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah Ini:

Melihat Megahnya Kuil Naga Raksasa di Thailand
Loading