Sukses

Sekilas Sama, Simak Perbedaan Iced Coffee, Ice Americano, dan Cold Brew

Ice Coffee, Cold Brew dan Ice Americano punya tampilan yang mirip dan nyaris sama. Lalu apa perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Kopi tak hanya nikmat disajikan panas, tapi juga dingin dengan memakai es. Menikmati ice coffee di siang hari yang terik misalnya, memiliki kenikmatan tersendiri.

Saat ini, ada banyak kedai kopi yang menjual berbagai minuman dari kopi, termasuk ice coffee. Saking banyaknya pilihan menu kopi yang ada, mungkin kita akan bingung membedakan menu kopi satu dengan lainnya.

Contohnya menu ice coffee, cold brew atau ice americano. Ketiganya memiliki tampilan yang mirip dan nyaris tak bisa dibedakan. Tapi jangan salah, ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja?

Ice Coffee

Ice coffee atau es kopi adalah sajian kopi yang disajikan bersama es sehingga memiliki rasa dingin segar.

Minuman ini terbuat dari kopi yang diseduh kemudian didinginkan dan diberi potongan es batu. Rasa ice coffee beragam tergantung jenis kopi apa yang digunakan.

Cold Brew

Sekilas tampilan cold brew terlihat sama dengan ice coffee. Namun, keduanya adalah sajian kopi yang berbeda. Jika ice coffee merupakan seduhan kopi yang cukup diberi tambahan susu, gula dan es batu, cold brew adalah kopi yang dibuat dengan metode perendaman selama 8 sampai 12 jam.

Cold brew dibuat dengan mengekstrasi biji kopi menggunakan air suhu ruang atau dengan air dingin. Pada umumnya, rasa cold brew lebih ringan, istimewa dan lebih mengesankan dari kopi lainnya.

Ice Americano

Ice Americano merupakan kopi espresso yang ditambahkan air di dalamnya. Minuman ini juga ditambah es batu agar lebih dingin. Espresso sendiri dibuat dari ekstrak biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi dan sedikit air.

Biasanya kopi ini memiliki rasa pahit ringan dan tawar. Ice Americano cocok untuk Anda yang sedang diet karena rendah kalori.  (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.