Sukses

12 Trik Mudah Bersihkan Kamar dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan ruangan menjadi salah satu hal baik yang patut Anda lakukan. Sayangnya, menjaga kebersihan di sekitar Anda, terutama di dalam kamar bukanlah hal mudah. Alasan yang membuat Anda sulit menjaga kebersihan adalah kebiasaan Anda membiarkan kotoran menumpuk di suatu tempat.

Kenyataannya, membersihkan kamar menjadi hal yang sulit dilakukan jika kotoran dan debu sudah menumpuk di suatu tempat. Dilansir dari Boldsky pada Jumat (19/1/2018), ada trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kamar.

1. Segera merapikan tempat tidur setelah bangun tidur

Seringkali Anda menunda untuk merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Dengan menunda pekerjaan ini akan membuat tempat tidur Anda semakin berantakan. Cara termudah untuk melakukannya adalah Anda harus segera merapikan tempat tidur setelah bangun tidur atau sebelum Anda menyikat gigi di pagi hari.

2. Pungut benda apapun yang terlihat

Ketika Anda melihat sesuatu tidak pada tempatnya, pastikan Anda langsung mengambilnya dan kemudian meletakkannya di tempat semestinya. Jangan menundanya karena hanya akan membuat Anda lebih sulit untuk membersihkan kamar.

1 dari 4 halaman

12 Trik Mudah Membersihkan Kamar

3. Beli alat penyimpanan

Kini Anda bisa mendapatkan alat penyimpanan untuk semua barang di kamar Anda. Entah itu dalam bak pakaian atau lemari kecil. Sehingga Anda bisa mengaturnya dengan rapi sesuai dengan kategori maupun warna. Pastikan Anda membeli alat penyimpanan yang sesuai dengan semua barang yang Anda miliki di kamar dan juga ukuran kamar Anda.

4. Dorong ke pinggir tempat tidur, kemudian bersihkan di bawahnya

Kotoran tidak hanya berada di bawah tempat tidur Anda, namun juga di bawah tempat tidur dan menumpuk di sana. Menumpuknya debu di bawah tempat tidur dapat membuat Anda terserang alergi dan juga penyakit. Untuk menghindari hal tersebut, solusi terbaiknya adalah ubah posisi tempat tidur sesering mungkin dan pastikan bahwa Anda menyapu atau membersihkan dengan vacuum cleaner di bagian sudut atas dan bawah tempat tidur Anda.

5. Tempatkan perlengkapan pembersih di satu tempat

Perlengkapan pembersih yang tersebar di berbagai tempat membuat Anda malas untuk membersihkan kamar karena Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengambilnya. Trik yang paling mudah adalah untuk menempatkan semua perlengkapan pembersih seperti sapu dan kain pel dalam satu tempat.

6. Membersihkan hal yang mudah membusuk

Seringkali Anda tidak sengaja menumpahkan susu atau remah makanan lainnya yang mudah membusuk. Dan Anda terlalu malas untuk membersihannya. Ini akan menarik lalat dan serangga lainnya karena akan mengeluarkan bau busuk. Sebelum membuat ruangan semakin kotor, sebaiknya Anda langsung membersihkan barang yang mudah membusuk.

2 dari 4 halaman

12 Trik Mudah Membersihkan Kamar

7. Gunakan kaus kaki pada kedua tangan Anda

Gunakan kaus kaki pada kedua tangan Anda. Basahi salah satu nya, dan biarkan yang lainnya tetap kering. Kini Anda memiliki lap basah dan lap kering. Gunakan lap basah untuk membersihkan noda yang lengket kemudian keringkan dengan lap kering. Ini akan membuat Anda membersihkan ruangan dengan lebih efisien.

8. Buka jendela

Anda harus membuka jendela ruangan Anda sesering mungkin. Ini akan memungkinkan ruangan Anda berganti udara sehingga lebih segar. Karena pada dasarnya membersihkan kamar tidak hanya menghilangkan dari debu namun juga dari udara yang kotor.

9. Membalikkan matras

Anda mungkin sangat nyaman untuk tidur di tempat tidur yang Anda gunakan saat ini. Namun pemakaian yang terlalu lama akan membuat kasur Anda menjadi berdebu. Membalikkan secara berkala akan membuat Anda tidur lebih sehat.

3 dari 4 halaman

12 Trik Mudah Membersihkan Kamar

10. Bersihkan lantai

Beberapa orang berpikir bahwa membersihkan ruangan termasuk ke dalam menyapu lantai dan kemudian membersihkan perabotan di sekitarnya. Namun banyak orang yang mengabaikan untuk mengepel lantai. Pastikan Anda tidak membuat kesalahan itu. Jangan lupa lihat karpetnya. Jika terlalu berdebu, bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner.

11. Jangan abaikan cermin

Cermin bukan hanya sekadar tidak menampilkan tubuh Anda namun juga mencerminkan pandangan hidup Anda. Itu sebabnya penting bagi Anda untuk menjaganya tetap bersih. Pastikan untuk membersihkan cermin setiap minggu.

12. Bersihkan lemari Anda

Bila Anda mengosongkan lemari Anda, Anda akan menemukan banyak kotoran di sana. Jangan pernah menumpuk kotoran di dalam lemari. Caranya adalah Anda harus rajin membersihkannya dengan vacuum cleaner secara teratur.

Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini 9 Bagian di Dapur yang Jadi Sarang Bakteri Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Wajib Coba, 6 Trik Sederhana Mendinginkan Kamar Tanpa AC