Sukses

Intip 11 Cara untuk Tidur Nyenyak di Pesawat

Sulit tidur di dalam pesawat ketika melakukan perjalanan? Simak tipsnya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah orang yang sulit tidur selama perjalanan ke suatu tempat, terutama di atas pesawat, Anda tidak sendirian. Terbang di ketinggian beberapa ribu kaki dalam waktu yang lama memang bukan suatu hal yang menyenangkan, namun berbagai penelitian menemukan kurang tidur selama perjalanan dapat menurunkan kinerja otak sebanyak 20%.

Dilansir dari cntraveler.com, sangat penting bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan pesawat untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Berikut ini adalah beberapa tips untuk tidur nyenyak di dalam pesawat selama perjalanan.

1. Membuat rencana
Perencanaan perjalanan yang matang dan baik dapat mengurangi kecemasan dan stres selama perjalanan, sehingga Anda juga dapat tidur lebih nyenyak selama perjalanan dilakukan.

2. Meditasi
Beberapa waktu belakangan, meditasi melalui radio sedang populer. Terbukti bahwa perkataan lembut dapat membuat otak lebih santai, terutama ketika Anda diminta untuk menggunakan semua indera.

3. Gunakan minyak lavender
Aroma lavender sangat baik untuk menenangkan dan hal yang sederhana untuk selalu dibawa dalam setiap perjalanan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menghirup aroma lavender sebelum dan selama tidur akan mengalami penurunan tekanan darah dan pola tidur yang lebih dalam, daripada mereka yang tidak.

Hiburan di dalam pesawat

4. Abaikan hiburan yang disediakan oleh penerbangan
Cahaya layar yang Anda tatap selama penerbangan dapat membuat retina mata lebih lelah, memberitahu otak bahwa saat itu masih siang, sehingga tidur akan jauh lebih sulit dilakukan.

5. Membuat sebuah daftar
Untuk melatih otak melepaskan rasa khawatir, tuliskan sebuah daftar sebelum tidur. Tuliskan semua kewajiban dan tugas-tugas penting yang harus Anda lakukan ke dalam sebuah kertas, sehingga pikiran lebih jernih ketika Anda tidur.

6. Bawa sesuatu yang menghibur
Untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama perjalanan, bukan hal klise bahwa Anda memang harus membawa benda-benda yang khas, seperti bantal kesayangan, aroma kesukaan, atau pakaian yang menghangatkan. Percayalah benda-benda ini akan banyak membantu Anda.

Penutup mata

7. Tutup mata
Jika sulit tidur, belilah sebuah masker mata yang memiliki kualitas baik dan nyaman dipakai. Cahaya yang keluar dari perangkat Anda akan membuat otak terus terjaga, sedangkan kegelapan secara mutlak akan meminta tubuh memproduksi melatonin.

8. Hindari alkohol
Alkohol memang dapat membuat Anda jauh lebih rileks, terutama jika Anda biasa mengalami kecemasan sebelum terbang. Namun, alkohol benar-benar dapat mengacaukan kualitas tidur Anda. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya, terutama jika Anda melakukan perjalanan jauh dengan pesawat.

9. Kurangi suara
Ya, Anda memang disarankan untuk mendengarkan lagu-lagu dari ponsel selama perjalanan, namun usahakan Anda menggunakan headset yang tepat. Headset yang tidak tepat seringkali menimbulkan suara yang mengganggu bagi orang-orang di sekitar Anda.

Olahraga

10. Olahraga yang cukup
Hubungan antara olahraga dengan tidur sangatlah menarik. Lakukan olahraga secara rutin sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, maka Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

11. Menabung tidur
Ya, Anda benar-benar dapat melakukan hal ini. Jika tidur dalam perjalanan bukanlah sebuah pilihan, maka perbanyak tidur beberapa waktu sebelum keberangkatan. Manfaatkan berbagai waktu yang Anda dapatkan untuk tidur, sehingga ketika Anda sulit tidur selama perjalanan, tubuh tidak akan terlalu kaget, karena sistem kekebalan tubuh Anda telah siap dengan hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.