Sukses

Seluas 20 Lapangan Bola, Tempat Wisata Ini Ternyata Bunker Nuklir

Liputan6.com, Jakarta Sebuah gua buatan seluas 20 kali lapangan bola ini menarik perhatian public di Chongqing, Tenggara Tiongkok. Tempat yang dahulunya bernama 816 Nuclear Military ini disebut sebagai gua buatan terbesar di dunia yang kini dibuka sebagai tempat wisata setelah mengalami renovasi selama setahun lamanya.

Renovasi yang dilakukan pada tempat ini adalah penambahan lampu dan perangkat suara sehingga mirip dengan lokasi film fiksi. Di dalamnya, para wisatawan bisa menjelajahi gua sepanjang 12 mil dengan 130 jalur yang berbeda.

Salah satu gua terbesar dalam tempat ini adalah Lorong Reaktor Nuklir dengan tinggi gua sekitar 80 meter dan luas hingga 30 meter. Puas menjelajah, pengunjung juga disuguhi dengan informasi mengenai sejarah lokasi, hingga pusat ilmu nuklir.

Renovasi sudah dilakukan selama 1 tahun hingga akhirnya dibuka untuk publik (foto : Chinadaily)

Keamanan dari tempat ini sangat terjamin, karena sejak dibangun tahun 1966, tidak ada proses produksi nuklir di tempat ini. Dahulu, reactor nuklir yang ada di kawasan pegunungan di Distrik Fuling ini direncanakan sebagai pabrik bahan nuklir. Namun, seluruh produksi dibatalkan dan lokasi ini ditutup pada tahun 2002.

Lorong panjang yang siap dijelajahi di 816 Nuclear Military (foto : Chinadaily)

Akhirnya tahun 2010, sebagian kecil tempat ini dibuka sebagai tempat wisata bagi penduduk Tiongkok dan tahun 2016, resmi dibuka untuk turis internasional. Berani menjelajahi lokasi ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.