Sukses

Peringati Hari Kesadaran Autisme Sedunia di Ramadan, Woodlands Montessori Gelar Donor Darah

Woodlands Montessori merupakan sekolah inklusi yang sejak tahun 2016 menerima anak-anak berkebutuhan khusus, seperti autisme, ADHD/ADD, dan anak-anak dengan hambatan belajar atau learning disabilitas (disleksia, disgrafia, diskalkulia, dan gangguan komunikasi).

Liputan6.com, Jakarta - Aksi sosial donor darah digelar di Sekolah Woodlands Montessori, Jakarta Barat, pada Selasa (2/4/2024). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day) 2024, yang jatuh setiap 2 April.

Woodlands Montessori merupakan sekolah inklusi yang sejak tahun 2016 menerima anak-anak berkebutuhan khusus, seperti autisme, ADHD/ADD, dan anak-anak dengan hambatan belajar atau learning disabilitas (disleksia, disgrafia, diskalkulia, dan gangguan komunikasi).

Penanggung jawab kegiatan, dr. Mikysari Ichsan, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu para penyintas talasemia yang berada di bawah perawatan RSUP Fatmawati Jakarta.

"Talasemia ini merupakan salah satu penyakit kelainan darah genetik yang sampai saat ini belum bisa disembuhkan dan beberapa di antaranya memerlukan tranfusi darah seumur hidup. Jadi, kami ingin membantu anak-anak ataupun dewasa yang memang membutuhkan darah untuk transfusi," tuturnya di sela-sela kegiatan. 

Bakti sosial mengusung tema "Ramadhan Kareem, Autism Awareness Day for Thalassemia". Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan melatih siswa/siswi Woodlands Montessori agar berpartisipasi aktif, bekerja sama, dan mandiri.

Selain itu, turut mendukung dan membantu para penyintas talasemia serta meningkatkan kesadaran dengan menolong dan berbagi sebagai bentuk cinta kasih bagi sesama.

Woodlands Montessori melibatkan guru, staf, orang tua murid, hingga masyarakat sekitar lingkungan sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Masyarakat umum juga diperkenankan terlibat untuk mendonorkan darahnya.

"Kami menargetkan 100 orang yang sudah disediakan. Itupun kalau di-screening lolos semua, tetapi kita membuka pintu sebesar-besarnya untuk siapa saja yang mau datang," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bingkisan Bagi Pendonor

Panitia menyiapkan paket sembako dan bingkisan bagi para pendonor. Ini sebagai bentuk apresiasi kepada para partisipan. Kegiatan terselengga dengan melibatkan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUP Fatmawati.

“Dengan terselenggaranya kegiatan donor darah ini, kami mengucapkan terima kasih kepada siswa/siswi, guru, staff, orang tua murid, masyarakat sekitar, para penyintas Thalasemia yang hadir, dan semua pihak sponsor yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Kiranya Tuhan YME-lah yang akan membalas kebaikan," kata Ketua Panitia Acara, Akbar.

Seorang penyintas talasemia, Irma, mengucapkan terima kasih kepada Woodlands Montessori. Sebab, kegiatan ini sangat berarti bagi para pasien talasemia mengingat stok darah umumnya menipis selama hari-hari besar, termasuk Ramadan dan Lebaran.

"Selama bulan puasa Ramadan, biasanya stok darah di UTD menipis karena pendonor biasanya, kan, mereka puasa. Mereka takut lemas bahkan takut puasanya batal. Kami senang ketika kami dikabari bahwa kami diundang dan mendapatkan bantuan darah serta bingkisan juga," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.