Sukses

Cuaca Panas, Ini Imbauan Bagi Jemaah Haji Selama di Mekah

Jemaah calon haji Indonesia memasuki Kota Mekah untuk menjalankan rangkaian ibadah haji mulai Sabtu 5 Agustus 2017 dinihari waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji Indonesia memasuki Kota Mekah untuk menjalankan rangkaian ibadah haji mulai Sabtu 5 Agustus 2017 dini hari waktu setempat atau Minggu (6/8/2017) pagi ini waktu Indonesia.

Mereka memasuki Mekah di saat Arab Saudi mencapai puncak musim panas. Suhu rata-rata di Kota Mekah berkisar 44-49 derajat Celsius pada siang hari.

Ketua Seksi Tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Mekah Dokter Yanuar Fajar memberikan beberapa imbauan jemaah calon haji Indonesia saat menjalankan ibadah di kota tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

"Memakai alat pelindung panas dan pelindung kaki karena cuaca ekstrem. Hati-hati bisa melepuh terutama penderita diabetes bisa terasa kaki melepuh. Ini karena ada jemaah yang biasa suka tidak pakai sandal," kata Yanuar di Mekah, Sabtu 5 Agustus 2017.

Selain itu, jemaah harus istirahat cukup serta jangan menahan diri jika ingin buang air kecil.

"Jangan takut buang air kecil," imbuh dia.

Lalu yang tak kalah penting adalah tidak sering melakukan umrah di siang hari. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh jemaah calon haji agar tetap fit hingga puncak ibadah haji.

"Melakukan umrah jangan siang karena panas sekali, koordinasi dengan pembimbing ibadah. Apalagi wukuf (puncak ibadah haji) sebulan lagi jaraknya," imbau Yanuar.

Total terdapat 1 kloter dengan 393 jemaah yang akan bergeser dari Madinah ke Mekah di hari pertama. Kloter tersebut dari embarkasi Medan atau MES 1.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.