Sukses

Jemaah Calon Haji Indonesia Mulai Beranjak ke Mekah Hari Ini

Pergerakan ini akan dikoordinasikan dengan Muasasah Arab Saudi, baik itu terkait pengawasan maupun input data.

Liputan6.com, Mekah - Jemaah calon haji Indonesia yang selesai melaksanakan arbain mulai beranjak ke Mekah, Sabtu hari ini. Mereka akan umrah qudum setelah sebelumnya niat umrah di miqat Bir Ali.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Menurut Amin Handoyo menyatakan, total terdapat 1 kloter dengan 393 jemaah yang akan bergeser dari Madinah ke Mekah di hari pertama.

Pergerakan ini akan dikoordinasikan dengan Muasasah Arab Saudi, baik itu terkait pengawasan maupun input data.

"Dipastikan dokumennya sudah beres. Kalau ada jemaah sakit maka paspor dipisah dengan lain, nanti jemaah itu akan dievakuasi secara terpisah," kata Amin di kantor haji Indonesia Madinah, Sabtu (5/8/2017).

Amin mengingatkan jemaah untuk bersiap diri. Bus bagi jemaah tiba lebih awal yakni 4 jam, sehingga tas diharapkan sudah terangkut di dalam bus.

"Jemaah tasnya minimal sudah diturunkan di lobi, sehingga ketika bus itu datang, tasnya bisa dimasukkan dalam bagasi. Waktunya ini jam 17.00 Waktu Arab Saudi," urai dia.

Ia menjelaskan, sebelum menuju Mekah, pelindung jemaah (Linjam) akan sweeping di hotel. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah jemaah itu sudah naik ke kendaraan yang disediakan atau belum.

"Tidak hanya jemaah, sweeping dilakukan juga untuk barang jemaah kemungkinan ada yang tertinggal atau tidak," kata Amin.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.