Sukses

Tim Kesehatan Siap Sambut Kedatangan Jemaah Haji di Mekah

Jemaah calon haji Indonesia yang selesai melaksanakan arbain di Madinah, mulai beranjak ke Mekah, Sabtu (5/8/2017) ini.

Liputan6.com, Mekah - Tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Mekah siap menyambut jemaah calon haji Indonesia yang akan memasuki Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu 6 Agustus 2017 dinihari waktu tanah suci atau Minggu pagi waktu Indonesia.

Jemaah calon haji Indonesia yang selesai melaksanakan arbain di Madinah, mulai beranjak ke Mekah, Sabtu (5/8/2017) ini. Mereka akan umrah qudum setelah sebelumnya berniat di Miqat Bir Ali.

"KKHI Mekah insya Allah siap menerima jamaah haji dari Madinah pukul 01.00 waktu Arab Saudi. (Termasuk) persiapan jemaah berobat di KKHI Mekah dengan penyakit yang menyertai (dari Tanah Air) atau dari sini," kata Ketua KKHI Mekah, Dokter Yanuar Fajar, di Mekah, Sabtu.

Persiapan tersebut dilakukan juga untuk mengantisipasi jemaah yang masuk dalam kategori risiko tinggi atau risti. Jemaah risti adalah jemaah yang sudah masuk usia lanjut yang jumlahnya mencapai setengah lebih dari keseluruhan jemaah haji Indonesia.

"Yang akan tiba secara global risti, penyakit dari Indonesia usia lansia itu sebesar 66,66 persen. Rata-rata gangguan kardiovaskular (penyakit jantung sistemik)," terang Yanuar.

Total terdapat 1 kloter dengan 393 jemaah calon haji yang akan bergeser dari Madinah ke Mekah di hari pertama. Kloter tersebut dari embarkasi Medan atau MES 1.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.