Sukses

Petugas PPIH Indonesia Gelar Gladi Bersih Puncak Haji 2017

Jaetul juga menjelaskan, ada beberapa titik yang sudah diperiksa dan dipetakan.

Liputan6.com, Mina - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan gladi bersih di titik yang paling penting dalam ibadah haji di Arab Saudi, yaitu Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Tiga lokasi ini merupakan lokasi puncak ibadah haji 2017.

Kepala Satuan Operasi Jaetul Muchlis menyampaikan, gladi bersih ini merupakan bagian dari pengenalan wilayah kerja di Armina agar para petugas yang mengawal jemaah pada saat puncak haji bisa mempelajari, memahami, dan menguasai medan kerja.

"Nantinya tim akan dibagi menjadi 11 sektor adhoc Armina agar kehadiran petugas benar-benar terasa ada di tengah jemaah," ujar Jaetul di Mina, Jumat 4 Agustus 2017.

Dengan hadirnya petugas di tengah-tengah jemaah, maka ketika jemaah menghadapi masalah segera tertangani dan bisa memberikan solusi kepada jemaah haji Indonesia.

Jaetul juga menjelaskan, ada beberapa titik yang sudah diperiksa dan dipetakan. Petugas juga sudah melakukan jalur evakuasi dalam kondisi darurat serta di mana titik kumpul.

"Kita sudah siapkan posko adhoc di titik-titik krusial," jelas Jaetul.

Sementara itu, Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) menyebutkan, 48.698 jemaah calon haji Indonesia sudah berada di Madinah.

Jumlah itu terdiri dari 48.098 jemaah dan 600 petugas kloter. Mereka terbagi dalam 120 kelompok terbang yang berangkat dari Tanah Air sejak 28 Juli 2017 dan mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.