Sukses

Pemondokan Haji di Mekah 100 Persen Siap, Madinah 80 Persen

Pengumpulan paspor calon jamaah haji Indonesia sedang dilakukan. Jelang Ramadan, proses pembuatan visa secara bertahap menyusul.

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan penyelenggaraan ibadah haji Indonesia hampir selesai. Persiapan tinggal menyelesaikan fasilitas di Madinah, sedangkan di Mekah sudah seluruhnya rampung.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan seluruh pemondokan di Mekah 100 persen sudah siap. Sedangkan, untuk di Madinah mencapai 80 persen.

Ia meyakinkan 204 ribu jemaah haji reguler dipastikan sudah tertampung di hotel. "Jadi ini sesuatu yang kita syukuri," kata Lukman di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat 28 April 2017.

Selain itu, maskapai penerbangan, baik Saudi Airlines dan Garuda Indonesia, sudah mengajukan jadwal penerbangan masing-masing.

Perihal administrasi, seperti paspor dan visa, juga sudah disiapkan. Pengumpulan paspor calon jamaah haji di seluruh Indonesia sedang dilakukan. Kemudian jelang Ramadan, proses pembuatan visa secara bertahap juga akan dilaksanakan.

"Jadi alhamdulillah persiapan sejauh ini sesuai rencana dan sesuai dengan harapan meskipun ada penambahan kuota 52.200 jemaah dibanding tahun lalu. Mudah-mudahan penambahan kuota tidak mengurangi kualitas penyelenggaraan haji," ucap dia.

Politikus PPP itu mengingatkan para calon jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan sejak dini. Karena ketahanan fisik sangat diperlukan saat menjalani rangkaian ibadah haji.

"Ketahanan fisik syarat utama bagi calon haji. Dari sekarang, berlatihlah menempa diri masing-masing, memperbaiki stamina masing-masing, sehingga pada nanti saat haji kita dalam kondisi prima," ujar Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini