Sukses

Harga Ayam Mahal, Ganti Saja dengan Tempe

Liputan6.com, Jakarta Kenaikan harga daging sapi yang disusul dengan menaiknya harga ayam potong mencapai Rp 40.000 tak perlu disikapi dengan panik. Masih ada sumber pangan lain yang kaya protein seperti tempe . Demikian diungkapkan Ahli Gizi dari IPB, Prof. Dr. Made Astawan.

"Tempe merupakan pengganti (daging/ayam) paling bagus. Sudah terbukti kualitas proteinnya hampir setara dengan daging, telur, dan susu. Apalagi harganya juga murah dan nonkolesterol," terang Made yang dijumpai dalam acara Awarding Nutrifood Research Grant di Jakarta pada Kamis (20/8/2015).

Bahan pangan yang mudah didapat di pasar maupun swalayan ini juga mengandung banyak jenis Vitamin B, lalu ada juga isoflavin, riboflavin, lemak nabati, fosfor dan karoten seperti yang pernah diungkapkan Kepala Balitbangkes Kemenkes RI, Tjandra Yoga Aditama.

Namun seringkali para ibu mengeluhkan pengolahan tempe yang membosankan seperti goreng atau bacem. Untuk mengatasi hal ini Prof Made mengingatkan kepada para ibu agar sedikit berusaha berkreativitas mengolah tempe misalnya dengan membaca buku resep olahan tempe.

 

Baca Juga: 

Tempe Makanan Paling Ajaib Sedunia