Sukses

Menteri Lukman Minta Jemaah Calon Haji Doakan Korban Gempa Lombok

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap, jemaah calon haji dapat mendoakan keselamatan bangsa dan Indonesia mampu menghadapi semua cobaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai Amirull Hajj baru saja tiba di Jeddah pada Sabtu 11 Agustus 2018. Tak lupa, ia meminta doa kepada jemaah calon haji Indonesia.

"Doakan juga perdamaian untuk Tanah Air karena kedamaian selalu harus kita upayakan dan kita perjuangkan," ujar Lukman di Jeddah.

Selain doa untuk perdamaian di Tanah Air, Lukman juga menitipkan doa kepada jemaah calon haji untuk korban gempa Lombok.

"Doakan saudara-saudara kita di Lombok. Mudah-mudahan masyarakat di Lombok dan Bali tabah dan sabar dan agar daerah itu segera pulih," ucapnya.

Lukman berharap, jemaah calon haji dapat mendoakan keselamatan bangsa dan Indonesia mampu menghadapi semua cobaan.

Sesampainya di Tanah Suci, Lukman menjalani rangkaian ibadah umrah wajib, sebagai syarat prosesi haji tamattu' pada Minggu, 12 Agustus 2018.

Ia segera berihram dan umrah di Masjidil Haram sekitar pukul 00.34 waktu Arab Saudi (WAS). Lukman menjalankan ibadah umroh tanpa pengawalan ketat. Dia membaur bersama jemaah calon haji dari berbagai penjuru negara lain.

Selama sekitar dua jam, Lukman menjalani rangkaian ibadah umrah wajib. Dimulai dari thawaf, sa'i, hingga tahalul. Usai menjalani umroh, Lukman segera menghampiri beberapa jemaah haji Indonesia yang berada di Masjidil Haram. Bahkan, Lukman menerima ajakan calon haji untuk berfoto bersama.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.