Sukses

Ular Tak Punya Gigi Depan, Bagaimana Bisa Bersuara Mendesis?

Meski tidak memiliki gigi depan, ular bisa mengeluarkan suara mendesis. Jadi, bagaimana mereka melakukannya?

Liputan6.com, Jakarta - Topik tentang ular selalu saja menarik perhatian. Mulai dari kehadirannya di tempat tak terduga hingga serangan yang mematikan.

Bicara soal ular, tahukah Anda bagaimana ular mengeluarkan suara alias mendesis?

Meski tidak memiliki gigi depan, ular bisa mengeluarkan suara mendesis. Jadi, bagaimana mereka melakukannya?

Mengutip Live Scence, Selasa (10/1/2023), tidak seperti manusia yang memposisikan lidahnya di gigi depan untuk mengeluarkan suara "ssss", ular ternyata menggunakan glotisnya -- lubang kecil di bagian bawah mulutnya yang terhubung ke trakea (batang tenggorokan) dan paru-paru tunggalnya.

Jadi, setiap kali ular bernafas, glotis terbuka, mengeluarkan suara mendesis yang membuat merinding pendengarnya.

18 Fakta Receh Soal Ular

Selain itu, berikut ini sejumlah fakta receh tentang ular yang mungkin tak banyak diketahui orang, dikutip dari sciencekids.co.nz:

  1. Ular adalah karnivora (pemakan daging).
  2. Ular tidak memiliki kelopak mata.
  3. Ular tidak bisa menggigit makanan sehingga harus menelannya utuh.
  4. Ular memiliki rahang fleksibel yang memungkinkan mereka untuk makan mangsa yang lebih besar dari kepalanya!
  5. Ular ditemukan di setiap benua di dunia kecuali Antartika.
  6. Ular memiliki telinga internal tetapi tidak yang eksternal.
  7. Ular yang digunakan dalam pertunjukan ular yang menawan merespons gerakan, bukan suara.
  8. Ada sekitar 3.000 spesies ular yang berbeda.
  9. Ular memiliki anatomi unik yang memungkinkan mereka menelan dan mencerna mangsa besar.
  10. Tubuh ular tertutup sisik.
  11. Kulit ular halus dan kering.
  12. Ular berganti kulit mereka beberapa kali setahun dalam proses yang biasanya berlangsung beberapa hari.
  13. Beberapa spesies ular, seperti kobra dan mamba hitam, menggunakan racun untuk berburu dan membunuh mangsanya.
  14. Ular mencium bau dengan lidah mereka.
  15. Ular membunuh mangsa dengan melilit erat dan mencekiknya dalam proses yang disebut penyempitan.
  16. Beberapa ular laut dapat bernafas sebagian melalui kulitnya, memungkinkan penyelaman lebih lama di bawah air.
  17. Anakonda adalah ular besar dan tidak berbisa yang ditemukan di Amerika Selatan yang panjangnya bisa mencapai lebih dari 5 meter (16 kaki).
  18. Jenis Reticulate python dapat tumbuh lebih dari 8,7 meter (28 kaki) panjangnya dan dianggap sebagai ular terpanjang di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Kisah Ular Aneh Tahun 2022, Digigit Balik Bocah hingga Kanibal dan Temuan Klitoris

Berikut ini enam kisah ular yang mengejutkan dari tahun 2022, mengutip Live Science, Kamis (5/1/2023):

1. Kobra menggigit anak laki-laki; anak laki-laki menggigitnya kembali

Ketika seekor kobra berbisa menggigit anak laki-laki berusia 8 tahun di India setelah melingkari tangannya, anak itu tidak ragu untuk membalas dendam pada ular itu, menenggelamkan giginya ke kulit bersisiknya - dua kali.

Setelah kejadian itu, orang tua bocah itu membawanya ke rumah sakit, di mana dokter menganggap cedera itu sebagai "gigitan kering" bebas racun yang langka. Anak itu pulang tanpa cedera dan dengan cerita keren untuk diceritakan kepada teman-temannya.

Sementara si ular itu tidak begitu beruntung. Ia mati digigit si bocah.

2. Ular mati tersedak kelabang raksasa

Ketika seorang pengunjung taman negara bagian di Key Largo menemukan ular itu, reptil mati itu memiliki kelabang raksasa yang tersangkut di tenggorokannya.

Manusia bukan satu-satunya makhluk hidup yang menggigit lebih dari yang bisa mereka kunyah. Seekor ular  rim rock crowned snake (Tantilla oolitica) yang dianggap sebagai ular paling langka di Amerika Utara, membuat para ilmuwan ketakutan ketika mereka menemukan bangkai salah satu makhluk yang sulit ditangkap ini di John Pennekamp Coral Reef State Park di Key Largo, Florida.

Bersarang di mulutnya dan di tengah kerongkongannya adalah kelabang raksasa, yang coba ditelan ular itu dengan kepala lebih dulu. Meskipun mangsanya berukuran sepertiga ukurannya, ular itu kalah dalam pertempuran, menyerah pada racun kelabang.

Selengkapnya klik di sini...

3 dari 4 halaman

Hati-Hati, 5 Area di Rumah ini Bisa Menjadi Tempat Persembunyian Ular

Mengutip dari laman Best Life, Kamis 27 OKtober 2022, berikut tempat-tempat tak terduga yang dapat menjadi tempat persembunyian ular di rumah Anda:

1. Bagian Bawah Perabotan

Siapa pun yang telah melakukan banyak bersih-bersih pada area rumah tahu bahwa ruang di bawah furnitur yang paling sering digunakan bisa menjadi area berdebu dan tidak terjangkau. Secara kebetulan, kesunyian inilah yang membuat ruang-ruang ini begitu menarik bagi para ular."Ini adalah tempat persembunyian ular yang klasik dan sederhana," ujar Jennifer Mecham, seorang ahli ular dan penulis ReptilesBlog.com.

"Ular suka meringkuk di tempat yang gelap dan tidak terlihat, dan sofa atau lemari pakaian Anda adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk melakukan hal itu."

Dan itu dapat terjadi pada sofa ruang tamu Anda, meja rias kamar tidur, dan perabotan berat lainnya. Mereka bisa merasa nyaman di dalam dan di sekitar furnitur di tempat-tempat seperti ruang bawah tanah atau kamar tamu dimana aktivitas manusia terjadi secara sedikit.

Jika ruang bawah tanah Anda dipenuhi dengan banyak perabot, kemungkinan ular akan bersembunyi di bawah perabot-perabot ini untuk menghindari kontak dengan manusia.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Lomba Tangkap Ular Piton Digelar di Florida, Hadiahnya hingga Rp 36 Juta

Masih perihal ular, ada lomba menangkap ular piton digelar di Florida dengan hadiah ribuan dolar atau setara puluhan juta rupiah. Pemerintah negara bagian Florida juga mendukung perlombaan ini. 

Dilaporkan VOA Indonesia, Senin 8 Agustus 2022, perburuan ular ini secara resmi dimulai Jumat 5 Agustus 2022 dan berakhir 15 Agustus 2022. Ular sanca Burma menjadi sasaran.

“Perburuan ini penting karena setiap ular piton yang berhasil ditangkap berarti mengurangi satu spesies invasif yang memangksa burung, mamalia dan reptil kita,” ujar First Lady Negara Bagian Florida, Casey DeSantis.

Menurut rilis berita, sejak tahun 2000 ada lebih dari 17.000 ular piton yang dikeluarkan dari ekosistem Everglades. Ular piton Burma bukanlah spesies asli Florida. Hewan itu memangsa burung, mamalia dan reptile. Seekor ular sanca betina dapat bertelur hingga 100 butir dalam setahun.

Hadiah uang tunai hingga 2.500 dolar atau sekitar Rp 36 juta disediakan untuk kategori professional dan pemula, bagi mereka yang dapat menangkap ular sanca paling banyak. Hadiah tambahan diberikan untuk ular sanca terpanjang yang dapat ditangkap di setiap kategori. Setiap ular sanca yang ditangkap harus dibunuh, tetapi para pemburu berpotensi didiskualifikasi jika mereka membunuh ular-ular itu secara tidak manusiawi atau membunuh ular asli.

Mereka yang telah mendaftar secara online dan membayar uang pendaftaran harus menyelesaikan kursus pelatihan online sebelum memulai perburuannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.