Sukses

Hati-Hati, 5 Area di Rumah ini Bisa Menjadi Tempat Persembunyian Ular

Berikut lima tempat di rumah yang tak terduga ini dapat jadi kawasan ular bersembunyi.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga rumah agar tetap rapi dan teratur adalah suatu kebanggaan bagi banyak orang. Tetapi bahkan jika Anda sangat terorganisir dengan baik dalam menjaga dan juga mengatur jadwal untuk membersihkan rumah, selalu ada kemungkinan bahwa seekor hewan dapat masuk ke dalam rumah.

Hal ini terutama berlaku untuk ular, karena pada dasarnya mereka akan sering mencari kehangatan yang biasanya disediakan pada ruang keluarga saat mereka berburu mangsa dan berlindung dari predator.

Sayangnya, sebaik-baiknya mereka menerobos masuk, mereka juga ahli untuk tetap tidak terdeteksi dengan mampu mengubah hampir semua hal menjadi tempat persembunyian.

Untuk itu, perlu adanya kesiagaan dan jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan rumah baik di dalam maupun sekitar pekarangan rumah. Pastikan rumah Anda tidak memiliki celah atau lubang yang memungkinkan ular dapat masuk ke dalam rumah.

Periksa juga rumput-rumput dan tanaman pada pekarangan rumah dan selalu jaga kebersihannya. Usahakan jangan menumpuk banyak sampah apalagi saat musim hujan karena dapat membuat area menjadi lembab karena ular akan datang karena mereka menyukainya.

Tetapi jika Anda tetap menaruh rasa curiga akan keberadaannya di sekitar rumah, ada beberapa tempat yang mungkin harus diperiksa terlebih dahulu. Mengutip dari laman Best Life, Kamis (27/10/2022) berikut tempat-tempat tak terduga yang dapat menjadi tempat persembunyian ular di rumah Anda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bagian Bawah Perabotan

Siapa pun yang telah melakukan banyak bersih-bersih pada area rumah tahu bahwa ruang di bawah furnitur yang paling sering digunakan bisa menjadi area berdebu dan tidak terjangkau. Secara kebetulan, kesunyian inilah yang membuat ruang-ruang ini begitu menarik bagi para ular.

"Ini adalah tempat persembunyian ular yang klasik dan sederhana," ujar Jennifer Mecham, seorang ahli ular dan penulis ReptilesBlog.com.

"Ular suka meringkuk di tempat yang gelap dan tidak terlihat, dan sofa atau lemari pakaian Anda adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk melakukan hal itu."

Dan itu dapat terjadi pada sofa ruang tamu Anda, meja rias kamar tidur, dan perabotan berat lainnya. Mereka bisa merasa nyaman di dalam dan di sekitar furnitur di tempat-tempat seperti ruang bawah tanah atau kamar tamu dimana aktivitas manusia terjadi secara sedikit.

Jika ruang bawah tanah Anda dipenuhi dengan banyak perabot, kemungkinan ular akan bersembunyi di bawah perabot-perabot ini untuk menghindari kontak dengan manusia.

3 dari 6 halaman

2. Pada Ruangan Mencuci

Di rumah tempat membersihkan pakaian cenderung sedikit lebih berantakan dan lebih kacau daripada tempat lain, berkat tumpukan pakaian dan tumpukan perlengkapan pembersih.

Dan karena aktivitas yang terjadi relatif rendah dan kehangatan yang relatif tinggi, ular dapat membuat diri mereka betah di sana. Jika Anda memiliki ruang cuci, ada baiknya memeriksanya secara teratur untuk mencari ular.

Mereka suka bersembunyi di cucian kotor dan Anda mungkin tidak tahu mereka ada di sana sampai Anda memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan menemukan seekor ular melingkar di bagian bawah.

Namun, Anda mungkin juga ingin memeriksa ulang peralatan Anda. Pernah ditemukan kasus-kasus ular-ular itu menempatkan diri di pengering. Mereka merangkak naik melalui ventilasi pengering yang berada di dekat tanah.

4 dari 6 halaman

3. Pada Peralatan Dapur

Ular biasanya memasuki rumah Anda untuk mencari kehangatan dan perlindungan. Idealnya, mereka juga menyukai lingkungan yang relatif lembap di mana mereka dapat melindungi diri.

Jadi, ruang apa yang lebih baik untuk diklaim sebagai milik mereka selain peralatan dapur yang dipanaskan? Percaya atau tidak, ular bisa dan memang bersembunyi di mesin pencuci piring karena mereka menyukai lingkungan yang hangat dan basah dan itu adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk menghindari perhatian manusia.

Sebagian dari hal ini berkaitan dengan strategi dasar reptil untuk bertahan hidup. Ular tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka yang berarti mereka harus mencari tempat yang hangat ketika mereka terlalu dingin. Rumah Anda dan peralatan tertentu bisa menarik ular dingin yang ingin meningkatkan suhu tubuhnya.

5 dari 6 halaman

4. Toilet

Ini mungkin terdengar seperti skenario mimpi buruk, tetapi itu benar. Banyak orang yang terkejut ketika mereka membuka tutup toilet mereka untuk menemukan seekor ular di dalamnya.

Ular suka meringkuk di tempat yang sempit dan gelap, dan toilet Anda adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk melakukan hal itu. Dalam beberapa kasus, ular menemukan jalan masuk ke rumah di lantai dasar sebelum merayap ke kamar mandi.

Namun, masih mungkin bagi mereka untuk menemukan jalan masuk melalui pipa-pipa itu sendiri. Menurut para ahli di situs web desain rumah Hunker, skenario menakutkan ini dimungkinkan berkat cara kerja desain pipa di banyak rumah yang dapat menggunakan tumpukan ventilasi dan membentang dari atap ke saluran pembuangan.

Ketika ular secara tidak sengaja masuk ke dalam pipa-pipa ini, mereka bisa terjebak dan kemudian dipaksa untuk merangkak keluar melalui lubang toilet Anda.

6 dari 6 halaman

5. Tempat Tidur

Dari semua area rumah, tempat tidur Anda idealnya adalah tempat yang paling aman dan paling pribadi. Sayangnya, para ahli mengatakan ular cenderung membuat diri mereka nyaman di ruang tidur Anda.

Ular bisa dan memang bersembunyi di tempat tidur karena mereka menyukai kasur yang empuk, nyaman, dan relatif hangat, belum lagi bahwa itu adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk menghindari perhatian manusia pada siang hari.

Tetapi tidak hanya di bawah selimut, mereka juga bisa menemukan banyak hal untuk dinikmati di area sekitar kasur Anda. Ruang di bawah tempat tidur gelap dan biasanya memiliki banyak kotoran di bawahnya dan menjadikannya tempat yang sempurna bagi ular untuk bersembunyi dan menemukan kenyamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.