Sukses

Negatif COVID-19 Tapi Masih Alami Gejala? Ini yang Harus Anda Tahu

Hal-hal yang wajib diketahui ketika Anda dinyatakan negatif namun masih mengalami gejala COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mengalami gejala COVID-19 seperti demam, sakit kepala, batuk kering, dan kelelahan tetapi tes antigen cepat Anda memiliki hasil negatif.

Rupanya, bukan hanya Anda yang mengalaminya.

Jadi, jika Anda dinyatakan negatif Virus Corona COVID-19 tetapi masih memiliki gejala, ini adalah sejumlah hal yang harus Anda ketahui.

Bisakah Anda memiliki COVID-19 dan tes negatif?

Ya. Tes negatif bukan jaminan Anda tidak memiliki COVID-19 dan masih ada kemungkinan Anda menularkan.

Dilansir dari laman ABC, Selasa (2/8/2022), wakil presiden Asosiasi Medis Australia Dr John Williams menyarankan siapa pun dengan gejala COVID yang mengembalikan RAT negatif untuk mencari tes reaksi berantai polimerase (PCR).

Pathology Technology Australia mengatakan tes cepat sangat akurat dalam mendeteksi ketika seseorang terinfeksi sementara tes PCR dapat mendeteksi virus bahkan jika seseorang tidak memiliki gejala.

Meskipun tes dapat mendeteksi virus, tes tersebut paling akurat ketika orang memiliki gejala dan umumnya paling baik digunakan dalam tujuh hari pertama sejak gejala muncul.

TGA mengatakan pengumpulan sampel yang buruk dan penggunaan tes yang salah akan memengaruhi akurasi. Jadi, penting untuk mengikuti petunjuk pengumpulan sampel tes Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Harus Dilakukan?

Akses tes PCR, mereka dianggap sebagai standar emas dalam mendeteksi COVID-19.

Jika Anda telah dites negatif untuk COVID-19 pada tes RAT dan tes PCR, Dr Williams mengatakan kemungkinan Anda tidak memiliki COVID.

Tapi ada penyakit lain, seperti RSV dan flu, yang gejalanya mirip dengan COVID-19. Dia mengatakan COVID telah menyoroti perlunya kita mengambil tindakan pencegahan untuk membatasi penyebaran semua virus.

Pengujian multi-virus — atau tes multipleks — adalah pengujian gabungan yang memungkinkan influenza dan COVID-19 dideteksi dari satu sampel, dan  tersedia di sebagian besar lokasi dengan rujukan GP atau dari situs pengujian PCR. 

Terlepas dari hasil tes Anda, jika Anda mengalami gejala seperti COVID, Dr Williams merekomendasikan untuk mengikuti panduan ini sampai Anda mendapatkan hasil tes yang pasti. 

"Jadi jika Anda dites negatif saat bergejala, pakai masker, jaga jarak, beri tahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda memiliki gejala, dan praktikkan kebersihan dengan sabun dan air dan penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hasil Negatif Palsu

Ini berarti tes tidak mendeteksi virus, meskipun Anda benar-benar terinfeksi.

Dokter Sonya Bennett, Wakil Kepala Petugas Medis mengatakan jika RAT memiliki sensitivitas klinis minimal 80 persen, ini pada dasarnya berarti kita dapat mengharapkan 80 persen tes akurat dalam mendeteksi infeksi.

Jadi jika kita antrekan 100 orang yang terinfeksi COVID, 20 bisa mendapatkan hasil negatif palsu.

Dalam hal ini, Anda disarankan untuk melakukan tes ulang atau melakukan tes PCR.

Tes PCR dianggap sebagai standar emas dalam mendeteksi COVID-19, menurut Dokter Bennett.

Mereka  mendeteksi keberadaan asam nukleat, materi genetik virus, di awal infeksi, dan kadang-kadang bahkan sebelum seseorang merasa tidak sehat. 

Bulan lalu, Pathology Technology Australia mengatakan tes cepat sangat akurat dalam mendeteksi ketika seseorang terinfeksi, sementara tes PCR dapat mendeteksi virus bahkan jika seseorang tidak memiliki gejala.

4 dari 4 halaman

Berapa lama orang bisa dinyatakan positif COVID-19?

Tidak ada aturan yang pasti dalam hal ini.

Beberapa orang tetap positif dengan tes antigen lebih dari lima hari, dan beberapa bahkan positif setelah 10 hari.

Associate Professor Meru Sheel, ahli epidemiologi University of Sydney, mengatakan virus itu masih bisa ada di dalam tubuh Anda setelah masa infeksi.

"Anda mungkin memiliki sedikit virus di paru-paru Anda dan itu dapat dideteksi saat Anda melakukan PCR," katanya.

Karena pelepasan virus, beberapa orang dapat terus dites positif selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah infeksi mereka.

Tetapi pengujian adalah taruhan terbaik Anda untuk mendeteksi apakah virus masih ada di sistem Anda atau tidak.

Adapun infeksi virus, umumnya, orang dianggap menular dari 48 jam sebelum gejala dimulai.

Dalam pengaturan berisiko tinggi, mereka dapat dianggap menular dari 72 jam sebelum gejala dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.