Sukses

Thailand Laporkan Kematian Pertama Akibat Varian Omicron

Kematian pertama akibat varian Omicron telah terjadi di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Thailand telah melaporkan kematian pertamanya akibat varian virus corona Omicron yang sangat menular, kata seorang pejabat kesehatan, Minggu (16/1).

Kematian seorang wanita berusia 86 tahun dari provinsi selatan Songkhla terjadi setelah Thailand mendeteksi kasus Omicron pertamanya bulan lalu yang menyebabkan pemulihan kembali karantina wajib COVID-19 bagi pengunjung asing. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (17/1/2022). 

"Wanita itu adalah pasien Alzheimer yang terbaring di tempat tidur," kata juru bicara kementerian kesehatan Rungrueng Kitphati kepada Reuters.

Kematian seperti itu diperkirakan karena negara itu sejauh ini telah melaporkan lebih dari 10.000 kasus Omicron, katanya, menambahkan bahwa Thailand tidak memerlukan tindakan penahanan lebih lanjut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus di Thailand

Thailand melaporkan 8.077 infeksi baru dan sembilan kematian pada hari Minggu, menjadikan penghitungan menjadi lebih dari 2,3 juta kasus dan hampir 22.000 kematian sejak pandemi dimulai pada 2020.

Sekitar 66 persen dari sekitar 72 juta yang tinggal di negara itu telah menerima dua dosis vaksin COVID-19, tetapi sekitar 14,9 persen telah menerima suntikan booster.

Pada 11 Januari, bank sentral mengatakan ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara itu akan menerima pukulan 0,3 persen dari Omicron, meskipun harus dikelola pada paruh pertama tahun ini.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Varian Omicron pertama kali masuk ke Indonesia pada hari Rabu, 15 Desember 2021.

    Omicron Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron