Sukses

Perusahaan Jepang Buat Alat Evakuasi Khusus Anjing, Bisa Dipakai Saat Bencana

Liputan6.com, Tokyo - Jika Anda merasa tidak beruntung karena mengalami gempa bumi, tsunami, atau bencana alam lainnya, Anda akan tahu bahwa tidak banyak waktu untuk mundur ke tempat aman.

Lebih sulit ketika Anda memiliki orang yang Anda cintai untuk dikhawatirkan. Anda harus memastikan semua orang dan semua yang Anda sayangi aman.

Sayangnya, terkadang hewan peliharaan sering tertinggal saat bencana melanda.

Dilansir dari Mashable, Sabtu (21/3/2021), perusahaan Jepang Pet Memorial Shop ingin meminimlisir risiko itu dengan membuat 'tas keselamatan evakuasi' yang dirancang khusus untuk anjing.

Kantong dapat diikatkan di sekeliling anjing Anda seperti tali kekang, dan terbuat dari poliuretan dan poliester tahan api dan tahan air. Tersedia dalam dua ukuran - satu untuk anjing kecil seperti beagle dan poodle, dan satu lagi untuk anjing berukuran sedang hingga besar seperti golden retriever.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Isi Perlengkapan Evakuasi untuk Anjing

Alat evakuasi itu sendiri berisi semua perlengkapan pertolongan pertama yang mungkin Anda dan teman berkaki empat Anda perlukan selama bencana alam, terutama bila Anda tidak memiliki akses ke dokter hewan.

Ini termasuk sarung tangan, gulungan perban, dan moncong tali. Tas ini juga dirancang dengan cukup ruang untuk menyimpan makanan anjing, kantong kotoran, air, dan apa pun yang mungkin dibutuhkan anjing (atau dalam situasi sangat darurat, Anda sendiri).

Meskipun tas idealnya harus ditangani oleh manusia saat terjadi bencana alam, hewan peliharaan sering kali tertinggal, seperti yang disebutkan sebelumnya. Secara alami, anjing tidak akan bisa memberikan pertolongan pertama pada dirinya sendiri saat gempa, misalnya.

Tetapi tas penyelamat evakuasi juga dirancang untuk tim pencarian dan penyelamatan, atau secara harafiah, siapa pun yang berkesempatan menemukan hewan yang terdampar, untuk memberikan pertolongan pertama di tempat.

Tak hanya nyaman, tali di atas tas juga memungkinkan Anda membawa anjing Anda secara fisik secara aman ke tempat evakuasi. Tentu saja, ini hanya akan berhasil dengan anjing kecil.

Terakhir, ada juga slot untuk label seukuran kartu nama yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan nama anjing Anda dan informasi kontak Anda, terutama jika orang lain berhasil menemukan anjing Anda. Bagaimanapun, anjing adalah keluarga juga.

 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini: