Sukses

Jadi Babi jika Buang Sampah Sembarangan di Meksiko

Buang sampah sembarangan di Meksiko, risikonya besar!

 

Liputan6.com, Meksiko Demi meningkatkan kesadaran warganya untuk menjaga kebersihan, pemerintah kota Meksiko benar-benar serius dalam membuat aturan larangan buang sampah sembarangan.

Jika seseorang tertangkap membuang sampah sembarangan di San Nicolás de los Garza, Nuevo León, maka fotonya akan terpampang pada papan reklame besar dan dicap sebagai babi.

Dilansir dari mexiconewsdaily.com, Rabu (30/7/2015), pelaku yang membuang sampah sembarangan pertama kali akan diberikan peringatan, kedua kali akan dikenakan denda dan jika terulang untuk yang ketiga kalinya, maka orang tersebut akan dikenakan hukuman yang lebih berat, yaitu dikenakan denda yang lebih tinggi, dipenjara, sekaligus fotonya akan dipajang di papan iklan.

Aturan super tegas ini pertama kali ditegakkan pada Rabu (29/7) lalu. Di sebuah titik keramaian, terdapat papan reklame dengan foto seorang pria botak yang disertai tulisan: 'ditahan karena telah bersikap seperti babi.'

Pria tersebut dijatuhkan hukuman itu kerena sudah tiga kali tertangkap membuang sampah sembarangan.

“warga yang membuang sampah sembarangan akan dihukum dengan memasang gambar mereka disertai nama lengkap di papan pengumuman,” ujar Wali Kota San Nicolas de los Garza, Pedro Salgado.

Di Meksiko, semua pemerintah daerah mengoperasikan truk-truk sampah pada pagi hari. Petugas akan membunyikan sirene pertanda saatnya warga membuang sampah mereka. Namun, masih banyak yang meninggalkan sampah mereka di jalanan pada malam hari. “Kami harus mengubah budaya kebersihan di kota ini,” ujar Salgado. Salut! (Dsu/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini