Sukses

Tingkah Lucu Seorang Tour Guide yang Ucapkan Nama Asli Bangkok Sebanyak 168 Huruf dalam Satu Napas

Baru-baru ini, sebuah video viral menunjukkan seorang pemandu wisata yang berhasil mengucapkan nama panjang Bangkok hanya dengan satu tarikan napas.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu kota di Asia Tenggara, Bangkok telah menjadi destinasi wisata yang terkenal bagi pengunjung dari berbagai negara selama bertahun-tahun. Para wisatawan sering mencari pengalaman yang menyenangkan dan petualangan di ibu kota Thailand ini.

Bangkok dikenal dengan kehidupan malam yang animatif dan ragam pasar makanan yang menggugah selera. Meskipun menjadi tujuan wisata yang terkenal, sedikit yang menyadari bahwa nama asli Bangkok memiliki panjang hingga 168 huruf. Nama ini terdiri dari kata-kata Pali dan Sanskerta dan diakui sebagai nama tempat terpanjang di dunia oleh Guinness World Records.

Baru-baru ini, sebuah video viral menunjukkan seorang pemandu wisata yang berhasil mengucapkan nama panjang Bangkok hanya dengan satu tarikan napas. Salah satu video tersebut dibagikan oleh akun Instagram @sheswow pada tanggal 14 Februari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Nama Asli Kota Bangkok

Video yang viral tersebut sepertinya diambil di dalam sebuah bus wisata. Seorang pemandu wisata menyebutkan, "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit." yang kemudian disambut dengan sorak dan tawa dari para wisatawan. 

Setelah itu, pemandu wisata wanita tersebut mengucapkan terima kasih. Video singkat tersebut menarik perhatian dan mendapat berbagai komentar dari warganet, dan pada saat penulisan berita ini, telah dilihat lebih dari 2,9 juta kali. 

3 dari 8 halaman

Terjemahan Nama Asli Kota Bangkok

Seorang pengguna internet menulis, "Terjemahan nama tersebut adalah Kota Para Dewa, Kota Besar, Kediaman Buddha Zamrud, Kota yang Dilindungi Dewa Indra, Ibu Kota Agung Dunia yang Diberkahi dengan Sembilan Permata Berharga, Kota Bahagia yang Dipenuhi dengan Istana Kerajaan yang Sangat Besar."

4 dari 8 halaman

Apa Nama Lain dari Bangkok?

Nama resmi Bangkok adalah Krung Thep Maha Nakhon. Secara harfiah, Krung Thep Maha Nakhon diartikan sebagai 'kota besar para malaikat'. Namun, kebanyakan orang Thailand lebih sering menyingkatnya menjadi Krung Thep dalam percakapan sehari-hari.

5 dari 8 halaman

Kenapa Diberi Nama Bangkok?

Bangkok secara resmi diadopsi sebagai nama ibu kota Thailand sejak November 2001 melalui pengumuman ORST. Pemilihan nama Bangkok diinspirasi oleh dua distrik yang menjadi bagian dari wilayah metropolitan negara tersebut, yaitu Bangkok Noi dan Bangkok Yoi.

6 dari 8 halaman

Apa Nama Resmi Baru Bangkok?

Bangkok telah resmi berganti nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon. Meskipun ada beberapa protes terkait kepanjangan namanya, namun sebenarnya nama asli Bangkok lebih panjang dari itu. Pada hari Selasa (15/2/2022), Royal Society (ORST) mengumumkan perubahan nama tersebut secara resmi.

7 dari 8 halaman

Bangkok dan Thailand Apakah Sama?

Bangkok merupakan pusat pemerintahan Thailand yang memiliki sejarah yang signifikan di Asia Tenggara.

8 dari 8 halaman

Apa Nama Kota Bangkok Sekarang?

Pemerintah Kerajaan negara gajah putih resmi mengubah nama ibu kota menjadi Krung Thep Maha Nakhon pada bulan Februari yang lalu, tepatnya pada Selasa, 15 Februari 2022. Nama tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kantor Royal Society Thailand (ORST).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.