Sukses

7 Tempat Wisata Terbaik di Vietnam yang Patut Kamu Kunjungi

Berikut beberapa tempat wisata di Vietnam yang dapat kamu kunjungi

Liputan6.com, Jakarta Vietnam menyajikan keajaiban Asia Tenggara dalam jumlah besar setiap saat sepanjang tahun, namun beberapa musim lebih mudah bagi wisatawan dibandingkan musim lainnya.

Meski demikian, penting untuk menyadari bahwa cuaca dapat sangat bervariasi saat Anda bepergian keliling Vietnam. Negara ini terbentang sepanjang 1.650 km dari utara ke selatan, meliputi pegunungan tinggi di utara dan lahan basah tropis yang datar di Delta Mekong. Di utara, cuaca bisa sangat dingin di musim dingin; dari bulan Desember hingga Februari, dataran tinggi di sekitar Sapa dapat menyaksikan salju sementara Delta berjemur pada suhu 25°C.

Jika Anda tertarik mengunjungi Vietnam, inilah beberapa tempat di Vietnam yang patut Anda kunjungi. Dihimpun dari Lonely Planet, ini dia.

1. Phu Quoc: Terbaik untuk pecinta pantai

Sejauh yang bisa Anda capai dari Hanoi tanpa harus berenang ke Teluk Thailand, pulau Phu Quoc adalah tempat para pemuja pantai datang untuk berjemur. Dikelilingi oleh perairan biru permata dan dibatasi oleh pantai berpasir halus, ini adalah tempat untuk bersantai, menikmati koktail saat matahari terbenam ke dalam teluk. 

Namun hal ini masih belum banyak diketahui – wisatawan lokal berbondong-bondong datang untuk menikmati sensasi taman hiburan di VinWonders dan menikmati pemandangan laut dari kereta gantung terpanjang di dunia. Phu Quoc adalah tempat perhentian populer bagi keluarga, dan jika Anda menyukai perubahan dari dunia wisata, ada hutan lebat untuk dijelajahi dari pasir.

2. Hanoi: Terbaik untuk penyuka suasana kota

Setiap perjalanan harus dimulai dari suatu tempat, dan titik kedatangan ideal bagi pemula adalah ibu kota bersejarah Vietnam. Selain infrastruktur yang mudah, akomodasi murah, santapan kelas dunia, dan lebih banyak sejarah daripada yang pernah Anda alami, Hanoi adalah titik awal menuju pulau-pulau dan singkapan di sekitar Teluk Halong dan jalur setapak yang ditumbuhi hutan di barat laut. 

Berikan diri Anda waktu untuk menelusuri katalog jajanan kaki lima Vietnam, dan berhenti sejenak untuk menikmati suasana di kafe-kafe nyaman di Old Quarter serta berkeliling melihat-lihat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kota Ho Chi Minh: Terbaik untuk wisata masa lalu

Kota Kosmopolitan Ho Chi Minh (HCMC) adalah penyeimbang Hanoi di utara, mengambil inspirasi budaya dari Delta Mekong dan negara tetangga Kamboja. Suasananya serba cepat, hiruk pikuk, dan menyenangkan, terutama setelah gelap, ketika trotoar berubah menjadi prasmanan keliling yang terdiri dari kedai jajanan kaki lima dan bar pinggir jalan. 

Sedikit nuansa masa perang masih terasa di HCMC, dan Anda akan mendapatkan pengenalan sederhana tentang masa sulit ini di situs-situs seperti War Remnants Museum. Anda juga dapat bersantai di kedai kopi dengan kopi yang diseduh dan mempertimbangkan seberapa jauh kemajuan Vietnam sejak berakhirnya pemerintahan Prancis.

4. Teluk Lan Ha dan Teluk Bai Tu Long: Terbaik untuk foto ikonik

Meskipun perjalanan ke Teluk Halong sangat dikomersialkan, dengan kapal jung mewah bermotor yang mengeluarkan asap diesel di sekitar pulau karst yang terkikis, Teluk Lan Ha dan Teluk Bai Tu Long sedikit lebih santai, dan Anda tidak akan menemui banyak kapal pesiar di dalam foto-fotomu. 

Cobalah berkayak di antara singkapan pohon, jelajahi jalur tropis di Pulau Cat Ba – pintu gerbang ke Teluk Lan Ha – atau bersantai di pasir di Pulau Co To yang indah di Bai Tu Long.

 

3 dari 4 halaman

5. Hoi An: Terbaik untuk sejarah

Tinggal di Hoi An yang harmonis adalah sebuah perjalanan ke masa lalu Vietnam yang mewah dan berlapis. Dulunya pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan terpenting di Asia, dan para pedagang dari Jepang, Spanyol, dan Amerika Utara memenuhi kantong para pedagangnya dengan emas. 

Penduduk setempat menggunakan uang mereka dengan bijak, memadati Kota Tua dengan ruko-ruko, gudang teh, jembatan tertutup yang indah, gedung serikat Tiongkok yang rumit, dan pagoda Konfusianisme dan Buddha yang berwarna-warni. 

Sejarah hanyalah permulaan – banyak wisatawan yang menginap berhari-hari, belajar membuat pangsit mawar putih

dan musim panas tiba dengan mengikuti kursus memasak yang dipimpin oleh koki, dan memesan pakaian dan gaun sesuai ukuran dari toko penjahit dengan harga terjangkau di kota ini.

6. Taman Nasional Ba Be: Terbaik untuk pemandangan danau dan hutan

Vietnam memiliki lebih dari 30 taman nasional, yang mencakup segala hal mulai dari rawa pesisir hingga hutan pegunungan, namun beberapa di antaranya berada di jalur wisata dan keramaian dapat menjadi penghalang untuk melihat satwa liar. 

Hal ini tidak terlalu menjadi masalah di Taman Nasional Ba Be yang indah, dengan jalan setapak yang berkelok-kelok di antara puncak batu kapur ke desa Hmong, Tay, dan Dzao, serta perjalanan dengan perahu dan kayak melintasi danau tenang yang dikelilingi pegunungan berhutan, menciptakan pemandangan yang layak untuk dipahat kayu abad pertengahan. 

Taman ini adalah surga bagi segala sesuatu mulai dari kera dan monyet lutung hingga beruang hitam langka, trenggiling bersisik, dan elang ular jambul yang spektakuler.

 

4 dari 4 halaman

6. Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang: Terbaik untuk pengalaman unik

Daya tarik alam terbesar di Vietnam – secara harfiah – adalah gua Hang Son Doong, gua terbesar di dunia berdasarkan volume dan keajaiban yang sesungguhnya. Sayangnya, gua monster ini hanya dapat diakses melalui perjalanan berpemandu yang mahal. 

Kabar baiknya adalah bahwa di sekitar Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang dipenuhi dengan gua-gua yang dapat Anda panjat, jelajahi, naiki perahu, atau zipline dengan biaya yang lebih murah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.