Sukses

Benjamin Netanyahu Jamin Israel Bakal Jaga Keamanan di Gaza Setelah Perang, Netizen: Sikapnya Seperti Thanos

Benjamin Netanyahu mengklaim Israel bakal menjaga keamanan di Gaza setelah perang berakhir

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menyarankan bahwa negaranya akan menjaga keamanan Gaza lama setelah perang dengan Hamas berakhir.

Ketika ditanya dalam sebuah wawancara pada hari Senin siapa yang harus memerintah Gaza setelah perang, Netanyahu mengatakan bahwa dia yakin Israel akan mengambil tanggung jawab atas keamanan untuk “jangka waktu yang tidak terbatas”.

“Ketika kita tidak mempunyai tanggung jawab keamanan, yang kita alami adalah meletusnya teror Hamas dalam skala yang tidak dapat kita bayangkan,” kata Netanyahu dalam wawancara dengan ABC News.

Komentar Netanyahu muncul setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden, sekutu terdekatnya, bulan lalu memperingatkan Israel agar tidak melakukan pendudukan besar-besaran di Gaza, dengan mengatakan bahwa tindakan tersebut akan menjadi “kesalahan besar”.

Meskipun Biden sangat mendukung perang Benjamin Netanyahu melawan Hamas, kedua pemimpin itu memiliki perbedaan taktik, termasuk upaya untuk mencegah jatuhnya korban sipil dan perlunya jeda dalam pertempuran untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Pada hari Senin, Netanyahu menegaskan kembali bahwa ia tidak akan menerima gencatan senjata sampai Hamas melepaskan tawanannya di Gaza, namun mengisyaratkan keterbukaannya terhadap “jeda kecil taktis” untuk memungkinkan pergerakan orang dan bantuan.

“Tidak akan ada gencatan senjata, gencatan senjata umum, di Gaza tanpa pembebasan sandera kami. Sejauh jeda taktis, satu jam di sini, satu jam di sana – kita sudah pernah mengalaminya sebelumnya,” kata Netanyahu seperti dilaporkan oleh Aljazeera.

“Saya kira kami akan memeriksa keadaan agar barang bantuan kemanusiaan dapat masuk, atau sandera kami, sandera individu dapat pergi. Namun menurut saya tidak akan ada gencatan senjata secara umum.”

Israel berada di bawah tekanan internasional yang semakin besar untuk menghentikan pemboman terhadap Gaza, yang diluncurkan sebagai respons terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut para pejabat Israel menewaskan sedikitnya 1.405 orang, sebagian besar warga sipil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PBB mendesak gencatan senjata

Pada hari Senin, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata yang mendesak, memperingatkan bahwa daerah kantong tersebut telah menjadi “kuburan bagi anak-anak”.

Biden telah menekan Netanyahu untuk menyetujui “jeda kemanusiaan” untuk mengizinkan bantuan masuk ke daerah kantong tersebut, tetapi ia mendukung penolakan pemimpin Israel terhadap gencatan senjata penuh.

Pada hari Senin, militer Israel mengatakan pihaknya telah “berkoordinasi” dengan Yordania untuk mengirimkan pasokan medis dan makanan mendesak ke rumah sakit lapangan Yordania di daerah kantong tersebut melalui udara.

Setidaknya 10.022 warga Palestina, termasuk lebih dari 4.100 anak-anak, telah terbunuh di Gaza selama perang yang berlangsung selama sebulan tersebut, menurut kementerian kesehatan di daerah yang dikelola Hamas.

Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa hilangnya nyawa warga sipil adalah sebuah “tragedi” namun membantah laporan jumlah korban tewas tersebut, dengan mengatakan bahwa jumlah tersebut termasuk “beberapa ribu” pejuang Palestina.

Pemimpin Israel juga menuduh Hamas menggunakan penduduk Gaza sebagai tameng manusia.

“Ini adalah musuh yang sangat tangguh tetapi kita tidak bisa membiarkan mereka memiliki kekebalan,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Netizen sebut sikap Netanyahu seperti Thanos

Terkait komentarnya tersebut, netizen mengatakan sikap PM Israel itu seperti Thanos, karakter fiksi di dalam film Marvel. 

"Kedengarannya seperti thanos di endgame di mana ia menawarkan masa depan yang adil jika ia berhasil menghancurkan seluruh alam semesta," cuit seorang netizen.

"Itu sangat konyol. Netanyahu bahkan tidak ingin membiarkan sebagian mereka hidup," balas netizen lainnya. 

Untuk diketahui, Thanos berjanji akan memberikan keseimbangan di alam semesta dengan menghapus/membunuh sebagian kehidupan tanpa pandang bulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.