Sukses

Viral Orang Tua Murid Siswa SMAN 1 Wates Diduga Disekap Satpol PP Gegara Pertanyakan Seragam Sekolah yang Mahal

Viral orang tua murid siswa SMAN 1 Wates diduga disekap satpol PP karena permasalahkan harga seragam sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Media sosial tengah diramaikan oleh kasus orang tua murid siswa SMAN 1 Wates yang diduga disekap satpol PP. Permasalahannya pun terbilang sepele, sebab wali murid itu hanya mempertanyakan seragam sekolah yang mahal.

Hal tersebut dibagikan oleh akun Twitter @Aryprasetyo85. Dalam cuitannya, ia menyatakan bahwa permasalahan pengadaan seragam sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali mencuat, tepatnya di daerah Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Menurut Ary Prasetyo, permasalahan bermula ketika satu di antara orang tua siswa berinisial AP mempertanyakan pengadaan seragam di sekolah anaknya. Sang wali murid mempermasalahkan harga seragam yang cukup mahal, yakni Rp 1,7-18 juta, tapi memiliki kualitas bahan yang buruk.

Tidak hanya mempermasalahkan harga seragam dengan kualitas rendah yang tidak masuk akal, orang tua murid itu juga mempertanyakan ukuran dari seragam sekolah tersebut. AP mengklaim dia tidak asal ngomong. Ia bahkan sengaja datang ke pasar untuk membandingkan harga kain yang menjadi bahan seragam.

Menurut AP, dari hasil observasinya, dengan kualitas yang sama seragam tersebut malah dijual lebih mahal. Terdapat perbedaan sekitar Rp 800 ribu yang membuat pria itu mempertanyakan hal tersebut ke paguyuban orang tua yang bertugas membelanjakan seragam sekolah.

Namun, karena tidak mendapat jawaban yang memuaskan, AP berencana melaporkan hal tersebut kepada Ombudsman Republik Indonesia perwakilan DIY. Tak disangka, niatnya itu berujung fatal.

AP mengaku, ia mendapat intimidasi dari oknum Satpol PP. Dari panggilan telepon, pria itu diminta untuk datang ke kantor Satpol PP di mana telah hadir perwakilan sekolah beserta beberapa orang Satpol PP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mendapat intimidasi dan dihalang-halangi pulang

Oknum satpol PP kemudian mengklaim bahwa AP ingin membuat gaduh di SMAN 1 Wates dan mempertanyakan motifnya mempermasalahkan harga seragam. Pria itu bahkan sempat dikepung oleh para satpol PP dan dihalang-halangi pulang.

Beruntung, masih ada salah satu perwakilan sekolah yang mau berbaik hati menolongnya keluar dari ruangan tersebut. Namun, selain tak mendapat jawaban dari pertanyaannya perkara harga seragam, kini AP pun juga mempertanyakan kewenangan Satpol PP melakukan hal tersebut kepada dirinya.

Respons warganet

Warganet mengomentari viralnya kasus tersebut. Beberapa dari warganet berharap kasus tersebut mendapat perhatian serius dari pihak yang berwenang. Namun, ada pula yang mengomentari bahwa harga seragam tersebut tak masuk akal dan meminta pihak sekolah membuka harga sebenarnya.

"Jogja sih udah ga kaget kalo perkara pungutan ga jelas. Alus banget. Mau kena protes semasif apapun, nanti keredam sendiri. Aparatur ga bisa apa2 disana. Birokrasi nya udah rusak parah banget," cuit @staub***

"Padahal komite tinggal buka harga nota yg dikasih toko kainnya beserta dimana belanjanya beres, ortu bisa croscek sensiti. Kalau emang beneran pakai kain speknya tinggi dan jadi mahal, yakin ortunya bakal terima," cuit @wenii***

"Banyak sekolaan seperti ini. Mereka cari untung emang dengan jualan baju seragam dan juga mungkin buku pelajaran. Pokonya berpikir keras utk bikin apapun yang bisa dijual ke murid dan ortunya," cuit @udah_***

3 dari 5 halaman

5 Zodiak yang Dikenal Sebagai Pencinta Anjing Sejati, Ada Kamu?

Anjing menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih individu sebagai hewan peliharaan di rumah. Banyak individu mengaku menyukai anjing, tapi hanya ada sedikit yang benar-benar bisa disebut pencinta anjing karena mereka tidak akan menyukai ras tertentu, tetapi menyukai semua yang mereka miliki.

Mereka akan menjaga hewan peliharaannya itu dengan tulus, bahkan menjadi bagian dari keluarga. Seperti beberapa zodiak ini yang dikenal sebagai pencinta anjing sejati menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Selasa (4/7/2023).

1. Taurus

Individu Taurus dikenal karena kecintaannya pada hal-hal yang lebih baik dalam hidup dan ini meluas ke hubungan mereka dengan anjing. Mereka menghargai sifat setia dan tulus dari anjing dan persahabatan yang mereka tawarkan.

Pemilik zodiak ini sabar, praktis dan bisa diandalkan, yang menjadikannya pemilik anjing yang ideal yang berdedikasi untuk menyediakan lingkungan yang stabil dan nyaman bagi teman berbulu mereka.

4 dari 5 halaman

2. Leo

Leo suka menjadi sorotan, dan cara apa yang lebih baik untuk menarik perhatian dan kekaguman selain dengan anjing yang menggemaskan di sisinya? Individu dengan zodiak ini sangat antusias, suka bermain, dan suka memamerkan hewan peliharaannya.

Mereka menikmati aspek sosial dari memiliki seekor anjing, baik itu mengajak anjing berjalan- jalan di taman atau berpartisipasi dalam acara yang berhubungan dengan anjing.

Selain itu, mereka juga memiliki sifat murah hati dan bersedia memanjakan teman berbulunya dengan cinta, perhatian dan suguhan mewah.

3. Cancer

Cancer dikenal karena sifatnya yang mengasuh, penyayang, sensitif dan empati. Mereka peduli pada orang lain, termasuk binatang.

Bagi mereka, anjing memiliki rasa keamanan emosional dan cinta tanpa syarat, yang sangat dihargai oleh individu berzodiak ini.

Pecinta anjing Cancer sering membentuk ikatan yang dalam dengan anjing mereka dan bersedia melakukan yang terbaik untuk memastikan kesejahteraan hewan peliharaannya tersebut.

5 dari 5 halaman

4. Libra

Libra seimbang dan mereka memiliki pendekatan hidup yang harmonis, dan mereka mencari persahabatan dan kedamaian dalam hubungannya.

Anjing memberi mereka teman yang sempurna karena mereka menghargai keharmonisan dan kesetiaan yang bisa ditemukan dalam ikatan manusia dan anjing.

Pemilik zodiak ini lembut, adil, dan suka menciptakan lingkungan yang indah dan tenteram untuk diri sendiri dan hewan peliharaannya.

Selain itu, mereka sering melibatkan anjingnya dalam kegiatan sosial mereka dan suka membawa hewan peliharaannya itu ke tempat-tempat yang ramah anjing.

 5. Pisces

Pisces dikenal sangat intuitif dan empati. Mereka memiliki hubungan yang mendalam dengan dunia emosional dan menemukan pelipur lara dalam cinta tanpa syarat dari anjing.

Mereka sering menganggap hewan peliharaannya sebagai sumber kenyamanan dan persahabatan. Hal ini memungkinkan mereka untuk melarikan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari.

Selain itu, individu dengan zodiak ini memiliki sifat yang lembut dan penyayang, dan mereka memprioritaskan kesejahteraan dan kebahagiaan teman berbulu mereka di atas segalanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.